Minggu, 31 Mei 2020 09:42 WIB

Benarkah Virus Corona Bisa Menular Melalui Mata?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Beautiful blond woman with painted eye Benarkah virus Corona bisa menular melalui mata? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Virus Corona diketahui bisa menyebar dari satu orang ke orang lain melalui hidung dan mulut yang disebabkan oleh percikan air liur atau droplet mereka yang sakit.

Ketika pandemi virus Corona pertama kali muncul, hal pertama yang disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah mengenakan masker dan penutup hidung. Ini karena jalur transmisi COVID-19 yang paling umum adalah droplet yang dapat masuk lewat hidung dan mulut.

Tetapi bisakah seseorang terinfeksi virus Corona melalui mata?

Dikutip dari Medical Daily, Joseph Fair, seorang virolog menceritakan bahwa ia mengidap COVID-19 setelah melakukan perjalanan dengan pesawat terbang yang penuh sesak dan pramugari tidak mengenakan masker. Ia sendiri memakan sarung tangan dan masker tetapi tak mengenakan pelindung mata.

"Tebakan saya adalah saya (terinfeksi) melalui rute mata," katanya belum lama ini. Ia juga merasa bahwa saat ini semua orang harus mengenakan pelindung mata.



Namun, berbeda dengan pendapat Fair, sebagian besar ahli tak yakin karena masih banyaknya fakta yang belum diketahui soal virus Corona. Saat ini ilmuwan masih berusaha untuk memahami mengapa terjadi penularan lewat mata.

"Jika ada droplet yang dihasilkan oleh individu yang terinfeksi dengan batuk atau bersin atau bahkan berbicara, maka bagian depan mata terpapar langsung, seperti halnya saluran hidung yang terpapar," tutur Elia Duh, MD, seorang peneliti dan profesor oftalmologi di Fakultas Kedokteran Johns Hopkins.

"Selain itu, orang banyak menggosok dan menyentuh mata mereka. Jadi sudah pasti ada kerentanannya," sambungnya.

Karenanya ia menyarankan pada saat ini, mengenakan beberapa perlindungan ekstra tidak akan merugikan sembari terus mengikuti tindakan pencegahan seperti jaga jarak dan mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)