Minggu, 31 Mei 2020 20:00 WIB

7 Makanan yang Bisa Menghambat Kesuburan, Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikHealth
Perubahan Iklim Kurangi Kesuburan Pria dan Bisa Dorong Kepunahan Makanan yang dapat menghambat kesuburan. Foto: DW (Soft News)
Jakarta -

Infertilitas dapat berpengaruh terhadap hubungan pasangan suami istri. Karena jika kesuburan terhambat, tentu saja pasangan ini bisa tidak mendapatkan keturunan.

Wanita untuk mempersiapkan kehamilan dan meningkatkan kesuburan, bisa mempertahankan berat badan sehat dan memilih makanan yang sehat. Asam folat, zat besi dan nutrisi penting lainnya pun perlu diperhatikan.

Kesuburan pria juga hampir sama, salah satunya adalah perlu mempertahankan berat badan dan mengikuti pola makan sehat.

Berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari agar alat reproduksi kita tetap subur :

1. Lemak Trans


Lemak trans yang ditemukan dalam makanan seperti keripik atau popcorn manis dan asin serta gorengan dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin yang menurunkan kesuburan. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak trans tinggi bisa merusak pembuluh darah serta mengganggu aliran nutrisi ke sistem reproduksi.

Batasi konsumsi lemak trans agar reproduksi kita tetap subur.

2. Makanan dengan Indeks Glikemiks Tinggi


Jika kamu ingin meningkatkan kesuburan, sebaiknya hindari makanan yang dapat membuat gula darah meningkat. Lonjakan gula darah dapat menyebabkan peradangan sehingga mengubah hormon kita dan menghambat ovulasi. Cobalah untuk memilih karbohidray yang pembakarannya lebih lambat seperti beras merah atau pun roti gandum.

3. Soda


Beberapa penelitian juga mengaitkan soda dapat berpengaruh terhadap rendahnya kesuburan. "Kami pikir itu adalah kombinasi dari peradangan dan perubahan metabolik yang disebabkan oleh terlalu banyak pemanis buatan yang nantinya dapat mengubah bakteri," kata Kendra Tolbert, RD, ahli gizi yang dillansir dalam glamour.com.

4. Konsumsi Makanan Mentah


Daging mentah, makanan laut atau telur mengandung salmonella, bakteri coliform atau toksoplasmis yang dapat menginfeksi janin jika melewati plasenta. Pastikan mengonsumsi makanan yang matang terutama produk hewani.

5. Konsumsi Alkohol Berlebih


CDC (Center for Disease Control and Prevention) merekomendasikan agar wanita yang ingin ataupun saat sedang hamil menghindari alkohol sama sekali. Alkohol dapat menyebabkan infertilitas dan menghabiskan vitamin B dalam tubuh yang dapat meningkatkan peluang untuk hamil.

6. Kafein


Kafein juga harus dihindari untuk meningkatkan kesuburan. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat berpengaruh terhadap sel telur. Studi menyebutkan kafein yang berlebihan akan menurunkan kesuburan secara signifikan dan meningkatkan risiko keguguran.

Beberapa minuman yang mengandung kafein terdapat pada kopi, teh, cokelat, dan sejumlah minuman bersoda.


7. Karbohidrat Sederhana


Hindari konsumsi karbohidrat sederhana yakni makanan dari tepung dan memiliki gula tinggi. Makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah yang juga tidak baik untuk kesuburan.

Gula darah yang melonjak tinggi dapat menyebabkan inflamasi, gangguan hormon hingga menghambat ovulasi. Pilih makanan karbohidrat kompleks yang baik untuk metabolisme.



Simak Video "Ahli Jelaskan Soal Viral 'Wanita Berenang Bersama Pria Bisa Hamil'"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)