Selasa, 02 Jun 2020 08:33 WIB

Dipakai Dwi Sasono, Ini 5 Dampak Ganja Pada Tubuh

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Dwi Sasono Efek ganja yang digunakan Dwi Sasono pada organ tubuh. (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta -

Aktor Dwi Sasono diamankan kepolisian karena terbukti mengonsumsi ganja. Polisi ungkap Dwi Sasono menggunakan ganja untuk mengisi kekosongan waktu di rumah saat pandemi Corona.

"Motif dia sampaikan ke penyidik yang pertama. Mengisi kekosongan waktu, tersangka ini susah tidur beberapa bulan. Ini dengan kegiatan COVID-19 ini dia diam di rumah. Dia memanfaatkan waktu melakukan hal yang salah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes pol Yusri Yunus, Senin (1/6/2020).



Selain mempengaruhi kinerja otak, pemakaian ganja juga bisa memberikan efek pada organ tubuh lainnya. Berikut ini adalah efek pemakaian ganja pada organ tubuh, dikutip dari Healthline:

1. Sistem pernapasan

Sama halnya dengan tembakau, asap ganja juga terdiri dari berbagai bahan kimia beracun, seperti amonia dan hidrogen sianida yang dapat mengiritasi saluran pernapasan. Perokok ganja berisiko tinggi mengalami berbagai macam penyakit, seperti bronkitis, infeksi paru-paru, asma, dan cystic fibrosis (mengentalnya lendir-lendir di dalam tubuh).

2. Sistem peredaran darah

Detak jantung dapat meningkat 20 hingga 50 kali per menit selama tiga jam. Jika memiliki riwayat penyakit jantung, ini dapat menimbulkan risiko serangan jantung.

Salah satu ciri khas pengguna ganja adalah mata merah. Mata merah ini disebabkan oleh salah satu efek dari ganja yang membuat pembuluh darah di sekitar mata jadi membesar.

3. Sistem saraf pusat

Efek ganja meluas ke seluruh sistem saraf pusat (SSP). Terutama berpengaruh pada otak kecil dan ganglia basal, yang berperan dalam gerakan dan keseimbangan.

Hal ini dapat membuat keseimbangan, koordinasi, dan respons refleks dari penggunanya menjadi terganggu.

4. Sistem pencernaan

Sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan bisa dirasakan saat merokok ganja. Selain itu, ganja juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan merusak liver saat dikonsumsi secara oral. Pemakainya akan merasakan mual dan muntah.

5. Sistem kekebalan tubuh

Menggunakan ganja dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan membuat penggunanya menjadi lebih rentan terhadap penyakit.



Simak Video "Buka Lowongan! Penguji Ganja Profesional Dibayar Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)