Selasa, 02 Jun 2020 11:23 WIB

Sudah Ada Vaksinnya, Kok Wabah Ebola Bisa Muncul Lagi?

Firdaus Anwar - detikHealth
Wabah virus corona menewaskan 563 orang dan menginfeksi puluhan ribu orang di dunia. Selain virus corona, berikut deretan wabah penyakit mematikan di dunia. WHO umumkan wabah Ebola baru di Kongo. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah Ebola baru di Republik Kongo. Setidaknya ada enam kasus yang terdeteksi di kota di kota Mbandaka dengan empat di antaranya meninggal dunia.

Menteri Kesehatan Republik Kongo, Eteni Longondo, mengatakan pihaknya sudah bergerak dengan mengirimkan bantuan vaksin dan obat-obatan.

"Kami menghadapi epidemi Ebola baru di Mbandaka. Kami akan bertindak cepat mengirimkan vaksin dan obat-obatan," kata Eteni seperti dikutip dari Reuters, Selasa (2/6/2020).


Terkait hal tersebut, beberapa netizen penasaran mengapa virus yang sudah ada vaksinnya ini bisa kembali muncul?

Di halaman resmi WHO, vaksin Ebola bernama rVSV-ZEBOV sebetulnya sudah disarankan oleh para ahli untuk menangani wabah. Vaksin ini berisi virus vesicular stomatitis (VSV) yang sudah dimodifikasi sehingga berisi kode protein yang bisa menstimulasi respons imun terhadap Ebola.

Hanya saja WHO menyebut vaksin ini tidak bisa digunakan untuk imunisasi massal karena belum mendapat izin edar. Alasannya masih perlu penelitian lebih lanjut meski studi sudah awal menunjukkan vaksin tidak berbahaya dan bisa melindungi seseorang dari Ebola.

Vaksin baru bisa diberikan dalam skenario tertentu, seperti sedang ada wabah, dan hanya pada kelompok berisiko.

"Vaksin ini meski tidak mendapat izin komersil, sudah digunakan dalam 'perluasan akses' atau 'penggunaan terbatas' pada wabah Ebola di Kivu Utara. Vaksin ini juga digunakan pada wabah Ebola di Equateur bulan Mei-Juli 2018," tulis WHO.

Tanpa ada imunisasi massal maka Ebola masih berpotensi muncul dan menyebar di populasi yang tak memiliki imunitas terhadapnya.



Simak Video "Wabah Virus Ebola Kedua di Kongo Tewaskan 4 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)