Selasa, 02 Jun 2020 18:00 WIB

Mal Bakal Buka Lagi, Ini Protokol 'New Normal' untuk Cegah Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung melakukan pemantauan ke sejumlah mal di Kota Bandung, Jawa Barat. Mal bakal buka di bulan Juni, berikut yang harus diperhatikan untuk cegah Corona. (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memastikan mal akan kembali di buka pada bulan Juni. Pembukaan mal juga disebut bergantung pada kesiapan masing-masing daerah yang akan membuka kembali pusat perbelanjaan di wilayah masing-masing.

"Tetap, bulan Juni ini pasti," ungkap Agus di kantor Kemendag, Jakarta, akhir Mei lalu.

Sebelumnya penutupan mal dilakukan untuk menahan laju penyebaran virus Corona yang semakin meningkat di Indonesia. Sebagai tempat perkumpulan massa dan orang-orang yang begitu banyak, bukan tidak mungkin mal bisa menjadi pusat penyebaran COVID-19.

Untuk itu, meski ada rencana membuka mal di era 'new normal', protokol kesehatan tetap harus dilakukan. Mengutip akun Twitter resmi Kementerian Koperasi dan UKM RI @KemenkopUKM, berikut protokol pencegahan Corona saat memasuki pusat perbelanjaan.

1. Wajib pakai masker

2. Karyawan yang bertugas harus sehat

3. Pemeriksaan suhu tubuh

4. Tidak berdesakan

5. Selalu jaga jarak

6. Utamakan pembayaran digital

Disarankan tidak pakai menggunakan uang cash untuk mengurangi kontak fisik.

7. Sterilisasi fasilitas yang rawan penularan virus

Lift, toilet, gagang eskalator, adalah benda-benda yang paling sering disentuh pengunjung. Untuk itu diharapkan pengelola mal melakukan disinfeksi di area tersebut sesering mungkin.



Simak Video "Panduan Beraktivitas di Ruang Publik Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)