Rabu, 03 Jun 2020 11:34 WIB

Jangan Asal-asalan, Ini Cara Cuci Hidung yang Benar Menurut Dokter

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
ilustrasi hidung Cara mencuci hidung yang benar menurut dokter. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19, salah satu organ yang penting dijaga kebersihannya adalah hidung. Untuk menjaga kebersihan rongga hidung dari bakteri, debu, hingga virus, dokter menyarankan nasal washing atau cuci hidung.

Cara melakukan aktivitas ini pun terbilang simpel dan mudah. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah wadah berupa spet tanpa jarum atau botol cuci hidung yang sudah banyak dijual di pasaran.

Botol cuci hidung maupun spret nantinya diisi oleh cairan natrium klorida (NaCl), seperti air infus atau garam yang dilarutkan air hangat. Saat mencuci hidung, pastikan kondisi badan sedikit menunduk untuk memudahkan menyemprot cairan ke bagian hidung yang ingin dicuci.



"Jadi posisinya harus sedikit menunduk kepalanya dimiringkan sedikit ke kanan atau ke kiri tergantung hidung mana yang dicuci," ujar ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang, dr Bagas Wicaksono, SpTHT, saat dihubungi detikcom, Selasa (2/6/2020).

"Kalau hidung kanan mau di cuci miring kanan. kalau hidung kiri mau di cuci miring kiri sedikit dan kepalanya agak bungkuk dan mulutnya harus di buka," tambahnya.

dr Bagas mengingatkan untuk berhenti ketika melakukan penyemprotan terdapat rasa sakit maupun nyeri pada hidung.



Simak Video "Satgas Sebut Banyak Orang Masih Tak Percaya Bahaya Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)