Rabu, 03 Jun 2020 17:16 WIB

Musim Flu di AS Diprediksi Bakal Lebih Berat Gara-gara Pandemi Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi flu Flu musiman di AS disebut lebih parah karena pandemi Corona. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Seorang spesialis pernapasan Amerika Serikat telah memperingatkan akan datangnya musim flu yang lebih parah akibat pandemi Corona. Dalam editorial yang diterbitkan di majalah Science pada akhir pekan, Benjamin Singer, seorang ahli paru dari Universitas Northwestern di Amerika Serikat, mengatakan bahwa ketika sumber daya medis semakin menipis akibat pandemi Corona, musim flu yang akan datang dapat meningkatkan keparahan.

Benjamin mengatakan empat faktor harus diatasi untuk mencegah musim influenza yang diprediksi lebih parah. Termasuk langkah jarak sosial yang efektif mengurangi penularan atau penyebaran flu dan virus Corona.

Selain itu menurutnya, penting untuk melakukan vaksin influenza. "Lebih banyak orang juga perlu divaksinasi terhadap flu dan risiko berkurangnya pasien dengan satu patogen terinfeksi yang lain," tulis Benjamin, dikutip dari South China Morning Post pada Rabu (3/6/2020).

Masalah lain yang juga Benjamin soroti adalah kemampuan tenaga medis atau alat kesehatan medis di setiap daerah. Tentunya hal ini akan mempersulit penanganan flu musiman di tengah pandemi Corona.

"Manusia telah mengidap influenza selama ribuan tahun, dan kita dapat berharap bahwa realitas baru virus Corona COVID-19 hanya akan memperumit musim influenza berikutnya," katanya.



Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)