Rabu, 03 Jun 2020 20:00 WIB

Era New Normal, Persiapkan Tas Siaga COVID-19 Ini Sebelum Bepergian

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Penerapan new normal segera diberlakukan di Jakarta. Kawasan wisata Kota Tua pun tengah bersiap. Yuk, intip foto-fotonya. Beberapa barang harus dibawa saat keluar rumah di era new normal. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kekhawatiran tertular virus Corona meningkat di era new normal. Kebanyakan kantor telah mengakhiri masa pandemi sehingga sebagian orang mulai keluar rumah.

Selain memakai masker dan rutin mencuci tangan, ada barang penting yang harus tersedia di dalam tas sebagai langkah proteksi agar terhindar dari kemungkinan infeksi COVID-19.

"Beberapa barang ini bisa jadi 'senjata' ampuh pelindung diri, khususnya bagi para pejuang nafkah keluarga," tulis akun Twitter resmi BNPB seperti yang dilihat detikcom Rabu (3/6/2020).

Untuk itu, usahakan sebelum ke luar rumah pastikan tas sudah berisi:

1. Pakai masker dan siapkan cadangannya
2. Hand sanitizer, disinfektan semprot atau sabun cair
3. Tisu basah dan kering
4. Alat makan dan botol minum
5. Perlengkapan ibadah
6. Totebag
7. Suplemen atau multivitamin
8. Usahakan untuk memakai helm pribadi jika menggunakan ojek online

New normal starter kit (Infografis detikcom)New normal starter kit (Infografis detikcom)

Tentu saja yang tak kalah penting saat di luar rumah ingat untuk tetap menerapkan jaga jarak sosial. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyebutkan bahwa social distancing memainkan peranan penting dalam memperlambat penyebaran virus corona.

Hal penting lain yang harus diingat adalah biasakan diri untuk tidak menyentuh wajah. Sebab, tangan mungkin telah menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi virus corona. Bisa saja saat menyentuh wajah, virus akan masuk lewat hidung, mulut, atau mata.



Simak Video "WHO Sebut Butuh Waktu Lama untuk Kembali ke Kehidupan Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)