Kamis, 04 Jun 2020 07:32 WIB

Disebut Ampuh Obati Pasien Corona, Korsel Setujui Penggunaan Remdesivir

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Obat Covid-19: Rumah sakit Inggris gunakan remdesivir yang disebut langkah maju terbesar dalam penanganan pasien corona Korea Selatan setujui remdesivir untuk pengobatan pasien Corona. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pada Rabu (3/6/2020), Korea Selatan (Korsel) mengizinkan penggunaan darurat obat remdesivir untuk pengobatan pasien Corona.

Mengutip dari CNA, remdesivir yang digunakan adalah hasil produksi dari Gilead Sciences, yang sebelumnya telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) sebagai obat darurat untuk penanganan pasien Corona.

"Remdesivir membantu mengurangi jumlah virus Corona dalam tubuh pasien," kata Kementerian Keamanan Pangan Korsel.

"Ini bisa membuat kondisi pasien pulih lebih cepat," lanjutnya.



Di bawah pedoman yang dikeluarkan pemerintah Korsel, dokter dapat memberikan satu dosis remdesivir dalam sehari, dengan lima dosis untuk pasien dengan gejala sedang, dan sepuluh dosis untuk pasien dengan gejala berat.

Namun, tak semua pasien bisa diberikan remdesivir. Sebelum diberikan obat tersebut, pasien harus menjalani tes fungsi hati terlebih dahulu. Sebab, penggunaan remdesivir dapat memberikan efek samping berupa peningkatan kadar enzim dalam hati.



Simak Video "Kasus Corona DKI Jakarta Lebih Tinggi dari 3 Negara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)