ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Jun 2020 16:51 WIB

Bikin Masker Sendiri? Perhatikan 4 Hal Ini Biar Efektif Cegah Corona

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Masker Foto: shutterstock
Jakarta -

Di masa new normal dan pelonggaran PSBB ini, pemerintah tetap menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker dalam mengurangi dan mencegah penyebaran virus COVID-19. Berbagai jenis masker pun dianjurkan, mulai dari masker medis biasa, masker N95, hingga masker kain yang biasanya bisa dibuat sendiri di rumah.

Namun ternyata terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, ketika kamu ingin membuat masker sendiri di rumah lho. Hal apa saja sih yang menjadi perhatian penting saat membuat masker? Berikut daftarnya dilansir dari usatoday.com.

Beberapa Bahan Kain Lebih Efektif Mencegah Partikel

Jenis kain yang beredar di pasaran memiliki kerapatan yang berbeda antar satu dengan lainnya. Artinya beberapa jenis kain, memiliki ukuran 'lubang' yang lebih kecil atau besar untuk menyaring partikel maupun droplet dari virus COVID-19. Untuk itu perlu diperhatikan, bahan kain apa yang kamu gunakan saat membuat masker semisalnya bahan kanvas yang memiliki kerapatan lebih baik.

Banyaknya Lapisan Kain Bisa Membuat Masker Efektif

Beberapa studi dari berbagai sumber menyebutkan dengan memberikan beberapa lapisan ketika membuat sebuah masker, maka efektivitas masker tersebut akan lebih besar. Tentunya ada juga efek yang kurang baik dari banyaknya lapisan masker yang dibuat yaitu kamu akan sulit untuk bernapas. Oleh karena itu sebaiknya buat masker dengan dua lapisan saja.

Tidak Disarankan Membuat Masker dari Bahan T-Shirt

Bahan masker yang lentur seperti material T-Shirt sangat tidak disarankan. Hal itu karena material T-Shirt memiliki 'lubang' kerapatan yang lebih besar. Sehingga pada saat pemakaian filtrasi droplet atau partikel menjadi kurang efektif.

Pastikan Bentuk Masker Harus Bisa Menutup Rapat Hidung dan Mulut

Ketika membuat masker di rumah, bentuk masker harus bisa menutupi bagian hidung dan mulut dengan rapat. Jahitlah dengan rapih bagian-bagian dari masker sehingga bisa dengan digunakan dengan baik.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin memproduksi masker sendiri di rumah. Jika memang kamu kesulitan dalam membuat masker sendiri, ada baiknya membeli masker yang sudah sesuai dengan standar medis yang ada.

Layanan GrabHealth di aplikasi Grab menyediakan tempat pembelian masker tanpa kamu harus keluar rumah dan tentunya sudah sesuai dengan standar kesehatan. Saat ini sedang ada promo Masker Medis Premium Multi One Plus yang menawarkan 50 pasang masker/box dengan harga Rp 179,9 ribu atau satu pasangnya hanya seharga Rp 3.600. Syaratnya pun mudah, kamu hanya perlu membeli minimal 1 box masker untuk mendapatkan promo dari GrabHealth ini.



Simak Video "Epidemiolog Minta Kebijakan Penggunaan Masker Kembali Diperketat"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT