Jumat, 05 Jun 2020 05:05 WIB

Sehari Minum 2 Liter Soda, Ibu Hamil Kejang-kejang Lalu Meninggal

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi jenazah Asupan kafein berlebih akibat kecanduan minuman bersoda diduga memicu kejang epilepsi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kebiasaan minum soda secara berlebihan diyakini memicu kematian seorang wanita di Selandia Baru. Wanita yang tengah mengandung 15 pekan ini mengalami kejang epilepsi lalu meninggal.

Amy Louise Thorpe, nama wanita tersebut, meninggal pada Desember 2018. Temuan terbaru menunjukkan wanita ini punya riwayat epilepsi. Frekuensi kejangnya meningkat semenjak hamil, jadi sekali tiap pekan.

Dikutip dari New Zealand Herald, ia juga punya kebiasaan minum soda hingga 2 liter tiap hari. Itu belum termasuk 500 ml hingga 1 liter minuman berenergi perhari.

"Dalam kasus Ms Thorpe, saya pikir kemungkinan kafein berlebih berkontribusi terhadap kontrol kejang yang buruk," kata Graeme Hammond-Tooke, dokter saraf yang sempat menanganinya.

"Asupan kafein yang wajar pada minuman kemungkinan tidak berefek pada kontrol kejang, jumlah banyak mungkin meningkatkan kejang, dan mungkin menyebabkan efek samping lain pada kesehatan," tambahnya.



Simak Video "Hmm... Minum Soda Bisa Bikin Gendut?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)