Jumat, 05 Jun 2020 09:17 WIB

CDC Tegaskan Tetap Kerjasama dengan WHO Meski Trump Putuskan Kemitraan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Trump-Twitter: Rencana perintah eksekutif Trump dan penegasan Twitter akan terus menunjukkan informasi tak benar terkait pemilu di dunia Donald Trump akhiri hubungan dengan WHO. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian AS (CDC) mengatakan akan terus memiliki kerjasama yang erat dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meski baru-baru ini ada pengumuman dari Presiden AS Donald Trump bahwa ia mengakhiri hubungan dengan WHO.

"Kita memiliki wabah Ebola baru sekarang di Kongo Barat dan kami telah bergabung dengan WHO dan Kementerian Kesehatan untuk menghadapi wabah Ebola itu," kata Direktur CDC Robert Redfield dikutip dari CNN.



"Saya yakin bahwa kemitraan kesehatan masyarakat yang kami miliki, meskipun mungkin dimodifikasi dalam beberapa cara di tingkat politik, tidak akan mengganggu upaya penanganan kesehatan kami," tambahnya.

Sebelumnya Presiden Donald Trump menyebut Amerika Serikat (AS) akan keluar dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Alasannya karena WHO dinilai telah gagal menghadapi virus Corona COVID-19 dan terlalu 'membela' China.

"Karena mereka telah gagal untuk melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kami hari ini akan mengakhiri hubungan dengan WHO dan mengarahkan dana ke kebutuhan kesehatan global lain yang mendesak," tutur Trump.

baca juga



Simak Video "WHO Ngarep Rujuk dengan Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)