Jumat, 05 Jun 2020 21:30 WIB

4 Cara Mudah Perbaiki Pola Tidur yang Berantakan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi tidur 4 cara mudah perbaiki pola tidur yang berantakan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov)
Jakarta -

Sudah lebih dari dua bulan lamanya kita diimbau untuk tetap di rumah demi mencegah penyebaran virus Corona. Tetapi, terlalu lama di rumah juga ternyata bisa menyebabkan pola tidur jadi terganggu.

Berbagai penyebabnya bisa karena kurang beraktivitas, hilangnya rutinitas yang biasa dilakukan, sehingga pola istirahat pun jadi terganggu.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir, karena ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar bisa tidur nyenyak malam nanti, dikutip dari Times of India.

1. Kurangi minum kopi

Kandungan kafein dalam kopi bisa membuatmu jadi sulit tidur. Karena itu, jangan terlalu banyak minum kopi agar tidurmu bisa jauh lebih nyenyak.

2. Jangan kebanyakan ngemil

Salah satu pengaruh buruknya kualitas tidur adalah pola makan yang tidak sehat. Karena itu, kebiasaan ngemil atau makan di malam hari justru bisa membuat kamu kurang tidur.

3. Hindari minum alkohol

Alkohol mungkin bisa membuatmu merasa ngantuk. Tetapi, alkohol juga bisa membuat ritme sirkadian atau jam tubuh seseorang terganggu, sehingga pola tidur pun ikut terganggu.

4. Jangan main gadget sebelum tidur

Cobalah untuk tidak memainkan gadget ketika hendak tidur. Cahaya yang dipancarkan dari gadget dapat menekan melatonin atau hormon tidur, sehingga kamu akan sulit mengantuk.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)