Minggu, 07 Jun 2020 01:42 WIB

Ki Gendeng Pamungkas Meninggal, Kenali Berbagai Komplikasi Diabetes

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ki Gendeng Kusuma/Mei Amelia Ki Gendeng Pamungkas/Mei Amelia
Jakarta -

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas meninggal dunia, Sabtu (6/6/2020) di RS Mulia Jajaran, Bogor. Pihak rumah sakit menyebut, Ki Gendeng meninggal dengan riwayat komplikasi diabetes.

Diabetes, atau lengkapnya diabetes mellitus, merupakan sekelompok penyakit yang mempengaruhi penggunaan glukosa atau gula darah oleh tubuh. Glukosa sendiri merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh.

Jenisnya bermacam-macam, tetapi yang paling umum dikenal dalam keseharian adalah diabetes tipe 1 dan 2. Diabetes tipe 2 lebih banyak ditemukan, dan biasanya dikaitkan dengan pola hidup tidak sehat.

Dikutip dari Mayo Clinic, komplikasi jangka panjang pada diabetes terbentuk secara bertahap. Makin lama mengidap diabetes dan semakin gula darahnya tidak terkontrol, makin besar kemungkinan mengalami komplikasi.

Beberapa komplikasi pada diabetes kronis yang paling umum ditemukan adalah sebagai berikut.

1. Penyakit jantung

Seseorang yang memiliki riwayat diabetes lebih rentan mengalami penyakit jantung maupun stroke. Mulai dari penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga penyempitan pembuluh darah.

2. Kerusakan saraf

Kelebihan kadar gula darah bisa melukai dinding pembuluh darah kecil yang menutrisi saraf, terutama di kaki. Kebas atau mati rasa kerap dialami para pengidap diabetes kronis.

3. Kerusakan ginjal

Ginjal memiliki jutaan kluster pembuluh darah kecil yang disebut glomeroli, berfungsi menyaring kotoran darah. Diabetes bisa merusaknya dan mengganggu fungsi penyaringan. Komplikasi diabetes bisa menyebabkan gagal ginal sehingga butuh cuci darah rutin.

4. Kerusakan retina mata

Pembuluh darah di retina juga rentan mengalami kerusakan akibat diabetes, dikenal sebagai retinopati diabetik. Berbagai penyebab kebutaan lainnya seperti katarak dan glaukoma juga bisa dipicu oleh diabetes.

5. Amputasi

Diabetes memicu kerusakan di jaringan kaki yang berujung pada amputasi. Kerusakan pembuluh darah membuat aliran darah ke area tersebut tidak lancar sehingga pemulihan luka diabetes cenderung lebih sulit.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)