Senin, 08 Jun 2020 10:47 WIB

Riset Ini Ungkap Efektivitas Berbagai Upaya Pencegahan Penularan Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pengujian Vaksin Corona Pada Manusia Mulai Tunjukkan Harapan Riset tentang upaya pencegahan virus Corona. (Ilustrasi: DW (News))
Jakarta -

Studi yang diterbitkan dari jurnal medis The Lancet menunjukkan bahwa penggunaan masker, pelindung mata, dan jaga jarak fisik bisa menurunkan risiko transmisi virus. Para peneliti mempelajari efektivitas dari penggunaannya untuk mencegah penularan.

Para peneliti ini melakukan tinjauan sistematis dan meta analisis dari studi-studi yang ada sebelumnya. Analisis ini mengamati 172 penelitian observasional di 16 negara, dalam enam benua dan 44 studi komparatif.

Dari studi yang dikutip dari CNN, hasilnya sebagai berikut:

1. Jaga jarak fisik

Hasil tinjauan studi tersebut menyimpulkan bahwa transmisi virus bisa terjadi sebesar 12,8 persen pada jarak kurang dari satu meter. Tetapi, kemungkinan transmisi ini akan turun menjadi 2,6 persen, jika menjaga jarak lebih dari 1 meter.

Studi ini juga membuktikan dengan jarak dua meter akan lebih efektif untuk mencegah terjadinya transmisi virus.

2. Penggunaan masker

Saat seseorang tidak menggunakan masker atau penyaring udara lain, peluang virus bertransisi bisa mencapai 17,4 persen. Tapi, hal ini akan turun menjadi 3,1 persen jika masker tersebut digunakan.

3. Menggunakan pelindung mata

Mata juga diketahui bisa menjadi salah satu jalur masuknya virus Corona COVID-19 ke dalam tubuh. Untuk mencegahnya, disarankan untuk menggunakan pelindung mata.

Dari studi ini, membuktikan peluang transmisi virus saat seseorang tidak menggunakan pelindung mata sebesar 16 persen. Peluang ini bisa menurun sampai 5,5 persen jika menggunakan pelindung mata.

Trish Greenhalgh, profesor Layanan Kesehatan Perawatan Primer di Universitas Oxford, mengatakan bahwa penelitian ini bisa dijadikan bukti untuk mendukung langkah-langkah pencegahan tersebut.

"Bukti tampaknya mendukung, misalnya rata-rata menjaga jarak 1 meter dari orang lain bisa mengurangi penularan virus sebesar 80 persen. Menggunakan masker atau penutup wajah bisa mengurangi risiko hingga 85 persen, dan menggunakan pelindung mata bisa sampai 78 persen," jelasnya.

makeup artist


Simak Video "Sukarelawan Terjun Langsung Jemput Jenazah COVID-19 di India"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)