Senin, 08 Jun 2020 14:12 WIB

Kisruh Krisdayanti dan Aurel-Azriel, Psikolog Singgung Pentingnya Komunikasi

Anjar Mahardhika - detikHealth
Krisdayanti Krisdayanti (Hanif/detikcom)
Jakarta -

Keluarga Krisdayanti atau yang kerap disapa KD saat ini menjadi sorotan khalayak ramai. Hal ini terjadi akibat saling sahut antara KD dan kedua anaknya, Aurel dan Azriel di media sosial.

Pada umumnya, permasalah yang timbul antar orang tua dan anak seperti ini merupakan hal lumrah yang sering terjadi. Lalu bagaimana cara menyelesaikan masalah yang timbul antara anak dan orang tua?

Psikolog dari Personal Growth Veronica Adelsa, M.Psi menyebut permasalahan yang terjadi antar anak dan orang tua biasanya timbul akibat masalah komunikasi yang tidak baik. Jadi cara menyelesaikannya adalah melakukan komunikasi yang baik antara keduanya.

"Menyelesaikan masalah dalam keluarga kuncinya adalah melakukan komunikasi, diskusi dan adanya kompromi atau kesepakatan bersama," ujar Veronica saat dihubungi detikcom pada Senin (8/6/2020).

Sama halnya dengan kasus yang terjadi antara KD dan kedua anaknya, berawal dari masalah komunikasi. Terlebih keduanya tidak tinggal serumah, akibat perceraian kedua orang tuanya. Meskipun tidak tinggal dalam rumah yang sama, keterbukaan satu sama lain dapat menghindari kesalahpahaman yang terjadi.

"Dengan adanya komunikasi dan diskusi, serta keterbukaan untuk mendengarkan satu sama lain, dapat menghindarkan terjadinya kesalahpahaman, dan memahami bila adanya pandangan dan persepsi yang berbeda," kata Veronica.

"Untuk kemudian diselesaikan melalui menentukan goal atau visi demi kepentingan bersama dan berkompromi, mengatur kesepakatan bersama," sambungnya.

Meskipun begitu, menjaga hubungan komunikasi anak dan keluarga yang tidak tinggal serumah membutuhkan effort yang lebih ketimbang orang tua dan anak yang tinggal satu rumah.



Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)