Selasa, 09 Jun 2020 11:44 WIB

5 Tips Atasi Ngantuk saat Jam Kerja Selama Masa Transisi PSBB

Ayunda Septiani - detikHealth
small diet meal Tips atasi ngantuk selama kerja di masa transisi psbb Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Setelah beberapa bulan diterapkan work from home (WFH), sebagian pekerja kantoran sudah bisa kembali bekerja seperti biasa. Namun ada yang berbeda dari biasanya, bekerja saat masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dibarengi dengan protokol kesehatan.

Bekerja sepanjang hari memang melelahkan. Karena duduk berjam-jam di kantor dan terus-menerus menatap layar komputer sehingga mata pun ikutan letih dan rasa kantuk tidak bisa dihindari.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk membantu tetap terjaga ketika jam kerja yang dikutip detikHealth dari berbagai sumber.

1. Minum air putih

Minum kopi mungkin ampuh untuk meningkatkan energi saat bekerja, tapi efeknya tidak dapat bertahan lama. Rasa kantuk ketika jam kerja juga bisa karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Studi dari Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan dan masalah konsentrasi.

"Simpan botol air minum yang dapat diisi ulang di meja kerja. Seringnya, hanya dibutuhkan segelas air putih untuk mengembalikan konsentrasi ketika bekerja," tutur Kimberly Petrosino, pakar kesehatan yang juga penulis buku 'The Small Change Solution: A 52 Step Guide To Getting The Naturally Healthy Lifestyle You Want', dikutip dari Bustle.

2. Duduk tegak

Ketika mengantuk, orang cenderung duduk dengan posisi yang salah dan menyebabkan punggung menjadi sakit. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Health Psychology menyebutkan bahwa postur tubuh mempengaruhi tingkat energi.

Duduk yang tegak bisa membuat tubuh merasa lebih bersemangat dan energik daripada duduk merosot. Selain itu, duduk dengan postur yang baik juga dapat menjaga tulang belakang tetap sehat.


3. Siapkan camilan

Jika konsentrasi kamu perlahan dikalahkan oleh rasa kantuk, siapkan camilan yang dapat meningkatkan energi seperti roti, alpukat, telur, atau kacang-kacangan.

Ketika bekerja, tubuh mengeluarkan energi yang berlebihan. Untuk itu, konsumsi camilan yang sehat setiap dua atau tiga jam sekali mampu memulihkan energi dan konsentrasi.

4. Mengunyah permen karet

Menyediakan beberapa permen karet di meja kantor bisa membantu untuk tersadar saat mengantuk. Penelitian yang dilakukan oleh The British Journal Of Psychology menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama 15 menit akan merasa lebih 'hidup' dibanding mereka yang tidak.

Adanya stimulasi dari otot wajah ketika mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kepala sehingga konsentrasi tidak menurun.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dengan tempo cepat, upbeat, atau keras seperti rock atau pop juga dapat membantu mengembalikan energi yang hilang saat bekerja. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan mood sehingga bekerja bisa lebih semangat.

Tetapi ingat, kalau tempat kerjamu berbarengan dengan yang lainnya, usahakan memakai headphone agar suara musik tidak mengganggu rekan kerja yang lainnya.



Simak Video "BPOM Akan Cabut Izin Darurat Vaksin COVID-19 Jika Terlalu Berisiko"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)