Selasa, 09 Jun 2020 16:32 WIB

Tips Membuat Masker Kain ala dr Reisa Broto Asmoro

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Dokter Reisa Broto Asmoro. dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Screenshot YouTube BNPB)
Jakarta -

Sebagai penunjang kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah, masker kain harus memiliki lapisan penyaringan yang baik. dr Reisa Broto Asmoro membagikan tips membuat masker kain yang baik.

Dalam siaran pers BNPB, Selasa (9/6/2020), dr Reisa mengatakan bahwa masker kain yang baik adalah yang memiliki tiga lapisan kain.

"Lapisan pertama adalah lapisan kain hidrofilik, seperti katun yang dilapisi oleh lapisan yang bisa mendukung agar filtrasi lebih optimal. Bisa dari katun atau polyester," kata dr Reisa, menjelaskan lapisan pertama yang sekaligus terdiri dari 2 lapis.

"Kemudian lapisan ketiga, atau yang paling luar merupakan lapisan hidrofobik atau bersifat anti air, seperti terbuat dari polipropilen atau polyester," lanjutnya.

Tampil mendampingi juru bicara pemerintah untuk virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto, dr Reisa menjelaskan sebaiknya masker kain ini tidak digunakan lebih dari empat jam, dan apabila basah atau lembab haruslah langsung diganti.

"Karena itu penggunaan penyimpanan serta pencucian masker pun harus tepat, agar awet dan dapat digunakan berulang kali," tuturnya.



Simak Video "Tips dr Reisa Rawat Masker Kain Baik dan Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)