Rabu, 10 Jun 2020 08:53 WIB

Reisa Broto Asmoro Bikin 'Adem' Siaran Update Corona, Setuju?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
dr Reisa Broto Asmoro dr Reisa Broto Asmoro (Foto: dok: BNPB)
Jakarta -

Kemunculan dr Reisa Broto Asmoro dalam siaran update virus Corona COVID-19 di BNPB (Badan Penanggulangan dan Penanganan Bencana) jadi perbincangan hangat para netizen. Banyak komentar yang menyebut penampilannya menghadirkan suasana teduh di tengah situasi pandemi.

Berbagai meme tentang dr Reisa juga bermunculan. Salah satu di antaranya menggambarkan tingkat kecemasan warga atas pemberitaan terkait COVID-19 yang terjun bebas sejak dr Reisa ikut tampil mendampingi Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19.

Linda Setiawati, seorang psikolog dari Personal Growth, berpendapat bahwa tugas juru bicara adalah menyampaikan isi pesan dengan tepat kepada pendengar, dalam hal ini masyarakat. Makin jelas penyampaiannya, makin mudah dipahami oleh pendengar.

"Pembawaannya yang santai dan tenang tentu bisa memberikan dampak bagi lawan bicaranya, di mana lawan bicara juga ikut merasakan nuansa tersebut," jelasnya saat diwawancara detikcom.

Perasaan lebih tenang dan tidak cemas yang dibangun oleh pembawaan juru bicara, menurut Linda, bisa membantu untuk berpikir dengan jernih. Ini penting untuk bisa beradaptasi dengan lebih baik dengan kondisi saat ini.

Namun Linda mengingatkan, tidak cemas bukan berarti menyepelekan. Bagaimanapun, ancaman virus Corona masih ada sehingga protokol kesehatan harus tetap diikuti. Di antaranya tetap harus pakai masker saat keluar rumah dan rajin mencuci tangan.

Nah, siapa yang setuju kehadiran dr Reisa bikin perasaan jadi lebih adem?



Simak Video "dr. Reisa Broto: Kalau Rapat Maksimal 30 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)