Rabu, 10 Jun 2020 13:34 WIB

Masih Percaya Corona Tak Sebabkan Kematian? Ini Data Kemenkes RI

Firdaus Anwar - detikHealth
Sejumlah petugas mendoakan seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 yang baru saja dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poboya, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (11/5/2020). PDP berusia 56 tahun itu meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Undata Palu. Data Gugus Tugas COVID-19 Sulteng per 11 Mei 2020, jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 83 orang, PDP 31 orang, 3 meninggal dunia, dan 13 orang dinyatakan sembuh. ANTARAFOTO/Eddy Djunaedi/bmz/hp. Benarkah tak ada yang meninggal karena Corona? (Foto: ANTARAFOTO/BASRI MARZUKI)
Jakarta -

Di media sosial ramai perdebatan mengenai kematian para pasien yang terinfeksi virus Corona COVID-19. Sebagian netizen berpandangan virus ini tidak menyebabkan kematian, alasannya karena para pasien meninggal akibat hal atau penyakit penyerta lain yang sudah dimiliki.

"Kematian murni akibat COVID itu tidak ada. Tapi Covid itu memperburuk keadaan masyarakat yang lemah imun dan daya tubuhnya," kata salah satu pengguna Facebook.

Terkait hal tersebut, influencer kesehatan dr I Made Cock Wirawan mengatakan logika "COVID-19 tidak menyebabkan kematian" seperti menyebut tidak ada yang meninggal karena human immunodeficiency virus (HIV). Menurut dr Made pandangan itu keliru dan berbahaya karena bisa membuat orang-orang jadi semakin abai.

"Mengapa saya analogikan dengan HIV? Ya karena kondisi ini mirip dengan infeksi HIV. Virus penyebab AIDS ini tidak secara langsung membunuh orang yang diinfeksinya, tapi membuat penyakit yang sebelumnya tidak parah atau biasa menjadi mematikan," kata pria yang mengelola akun Twitter @blogdokter ini pada detikcom beberapa waktu lalu.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, data dari 337 pasien Corona COVID-19 yang meninggal pada 3 Juni lalu menunjukkan 110 orang tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Sebanyak 118 pasien positif COVID-19 lainnya yang meninggal memiliki komorbid tunggal dan 109 pasien berstatus multi komorbid.

Data Kemenkes RI terkait pasien Corona yang meninggal.Data Kemenkes RI terkait pasien Corona yang meninggal. (Foto: Kemenkes RI/Covid-19 dalam angka)


Simak Video "Isu Konspirasi Jadi Ganjalan Relawan Saat Informasikan soal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)