Rabu, 10 Jun 2020 18:32 WIB

Mengalami Kedutan Mata Kanan dan Kiri Bawah, Apa Artinya?

Rosmha Widiyani - detikHealth
kedutan Foto: iStock/Mengalami Kedutan Mata Kanan dan Kiri Bawah, Apa Artinya?
Jakarta -

Kedutan kerap diartikan hendak mendapat rejeki, ada yang kangen, atau hendak bertemu seseorang. Namun bagaimana jika kedutan terjadi di mata kanan dan kiri bawah? Apa artinya, benarkah akan terjadi sesuatu?

Dikutip dari Verywell health, mata kedutan sebetulnya adalah suatu kondisi medis yang disebut miokimia. Dalam kondisi tersebut, otot kelopak mata tidak sengaja mengalami kontraksi yang banyak mempengaruhi eyelid bawah.

Kedutan ini umumnya berlangsung sebentar, hilang dengan sendirinya, dan tidak terlalu membahayakan. Berikut penjelasan seputar penyebab, gejala, dan penanganan kedutan mata kanan dan kiri bawah.

1. Penyebab kedutan mata kanan dan kiri bawah

Berikut penyebab kedutan mata kanan dan kiri bawah (minor eye twitch):

a. Konsumsi kafein

b. Lemah dan lelah

c. Alergi

d. Mata kering

e. Mata kering

f. Minim nutrisi

g. Gangguan penglihatan

Sedangkan kedutan yang lebih parah (severe eye twitch), biasanya berlangsung selama beberapa minggu berkaitan dengan blepharospasm. Kondisi ini disebabkan rangsangan saraf yang perlu pemeriksaan lebih lanjut. Blepharospasm parah harus dievaluasi dokter mata yang kompeten dalam bidang saraf.

2. Gejala kedutan mata kanan dan kiri bawah

Kedutan yang tidak terlalu parah biasanya datang dan pergi selama 2-3 hari kemudian hilang dengan sendirinya. Sedangkan kedutan yang lebih parah terjadi lebih lama dan biasanya tidak hilang sendiri.

Pada kedutan parah dan berbahaya, kelopak mata mengalami kontraksi yang penuh tekanan sehingga terbuka dan tertutup selama beberapa kali. Kedutan mata yang parah terasa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari dan sangat disarankan segera ke dokter. Apalagi jika kedutan parah sudah terjadi selama beberapa hari.


3. Penanganan kedutan mata kanan dan kiri bawah

Jika mengalami kedutan sebaiknya ditentukan terlebih dulu kondisinya tergolong ringan atau berat. Penanganan kedutan ringan meliputi:

a. Rileks dengan mengurangi berbagai hal yang menyebabkan stres

b. Batasi asupan kafein

c. Istirahat dengan tidur atau mengambil waktu sela saat menghadapi komputer

d. Aplikasikan kompres hangat pada mata yang kedutan dan pijat perlahan kelopak mata dengan jari

e. Obat antihistamin di apotek berupa tetes mata atau yang diminum bisa dicoba untuk meringankan kontraksi otot kelopak mata.

Untuk penanganan kedutan yang lebih parah bisa menggunakan suntik botox untuk melumpuhkan otot kelopak mata. Pengobatan lainnya adalah yang bertujuan merelaksasi otot kelopak mata atau operasi untuk menghilangkan penyebab gangguan.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)