Kamis, 11 Jun 2020 11:56 WIB

Jaga Imun Tubuh, Ini Cara Aman Konsumsi Vitamin C bagi Penderita Maag

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Ilustrasi Vitamin C Foto: shutterstock
Jakarta -

Di masa pandemi COVID-19, penting untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya mengonsumsi vitamin C. Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi menjelaskan tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C dan tidak dapat menyimpan vitamin C, sehingga harus didapatkan dari asupan makanan atau suplemen setiap hari.

Meski begitu, vitamin C juga memiliki sifat asam yang tentu saja bisa memicu rasa perih jika dikonsumsi dalam perut kosong. Risiko ini akan semakin menyiksa terutama bagi penderita penyakit lambung seperti maag. Apalagi jika mengonsumsi vitamin C dibarengi dengan konsumsi makanan yang memicu asam lambung seperti makanan pedas atau yang bersifat asam.

"Karena sama-sama bersifat asam dan asupan asam akan meningkatkan keasaman lambung, ditakutkan akan memperburuk gangguan lambung yang sedang terjadi," ujar dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.

dr Helmin menyarankan bagi orang yang memiliki gangguan lambung untuk mengonsumsi vitamin C yang memiliki keasaman yang rendah. Selain itu, dianjurkan pula memilih jenis tablet atau kaplet vitamin C.

"Jika ingin mengonsumsi vitamin C pilih yang keasamannya rendah, atau tablet/kaplet salut selaput sehingga tidak pecah di lambung," jelasnya.

Selain itu, lanjut dr Helmin, konsumsi vitamin C saat perut sudah terisi. Akan lebih baik lagi jika mengonsumsi vitamin C sesudah makan besar. Dalam kondisi sudah terisi, perut relatif lebih siap untuk menerima makanan yang bersifat asam sehingga rasa perih yang ditimbulkannya relatif berkurang.

Lebih lanjut dr Helmin menjelaskan, dalam meningkatkan imunitas bisa dilakukan dengan sumber vitamin C yang bisa juga ditemukan pada buah-buahan. Namun, batasi pula asupan buah-buahan seperti menghindari buah yang terlalu asam dan mengandung gas.

"(Hindari) buah yang bersifat asam seperti buah-buahan yang belum matang betul, jeruk yang asam atau buah yang mengandung gas seperti nangka," bebernya.

Namun jika Anda terlanjur mengalami perut perih karena kesalahan konsumsi vitamin C, segera atasi dengan obat maag yang mengandung antasida seperti Promag. Bahan aktif antasida yang terkandung dalam Promag di antaranya magnesium hidroksida, hydrotalcite, dan kalsium karbonat. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung sehingga rasa sakit maag pun bisa reda dengan cepat.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)