Jumat, 12 Jun 2020 08:18 WIB

Masih Bingung Cara Pakai Masker yang Benar? Cek Lagi di Sini

Inkana Putri - detikHealth
Cara pakai masker Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memasuki new normal, anjuran untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) semakin digiatkan. Masker menjadi salah satu APD yang harus digunakan oleh masyarakat saat ingin keluar rumah. Dalam mencegah infeksi virus COVID-19, ada tiga jenis masker yang disarankan untuk digunakan yaitu masker kain, masker medis atau masker bedah, dan masker N95.

Masker Kain

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker kain saat keluar rumah. Selain mudah dicari, masker kain juga sangat praktis dan dapat dicuci serta digunakan berkali-kali. Terbuat dari kain, masker ini disebut mampu mencegah air liur keluar dari mulut atau hidung saat berbicara, batuk, ataupun bersin.

Masker Medis

Masker medis atau yang juga dikenal sebagai masker bedah adalah jenis yang sering digunakan oleh para tenaga kesehatan dan tim medis saat bekerja. Namun, masker medis juga sering digunakan oleh masyarakat guna menghindari polusi debu dan asap.

Umumnya, masker ini terbuat dari tiga lapisan berbeda. Lapisan pertama merupakan lapisan anti air, lapisan bagian tengah merupakan filter kuman, dan lapisan terdalam berfungsi menyerap air liur yang keluar dari hidung atau mulut.

Bagi masyarakat yang memang kurang fit, masker jenis ini lebih disarankan untuk digunakan. Dengan adanya ketiga lapisan tersebut tentunya lebih ampuh mencegah sebaran virus dan penyakit, termasuk Corona.

Masker N95

Masker N95 disebut sebagai masker yang paling ampuh mencegah virus Corona. Selain mencegah virus yang terpapar dari percikan air liur, masker ini juga berfungsi melindungi dari infeksi virus yang ditularkan lewat udara. Namun, desainnya yang sangat ketat di wajah, membuat masker ini lebih disarankan untuk penggunaan medis saja. Pasalnya, jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari, bisa mengakibatkan kesulitan bernapas.

Itulah beberapa masker yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Selain memilih masker yang benar, Anda juga wajib tahu cara menggunakan masker yang tepat. Dilansir dari Healthy Food, berikut langkah-langkah penggunaan masker yang baik dan benar.

  • Cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum menggunakan masker.
  • Jika menggunakan masker yang memiliki ikatan atau tali, ikat dahulu tali bagian bawah ke belakang tengkuk leher. Lalu, tarik masker hingga menutupi hidung hingga dagu. Ikat tali bagian atas dan kencangkan tali di bagian atas kepala.
  • Untuk penggunaan masker bedah, pastikan bagian berwarna putih berada di dalam menempel dengan hidung dan bagian berwarna hijau berada di sisi luar.
  • Saat melepas masker, hindari menyentuh bagian depan masker. Mulai lah lepaskan masker dari bagian belakang.
  • Hindari menyentuh bagian masker saat sedang digunakan. Jika tak sengaja tersentuh, segera cuci tangan dengan sabun.
  • Untuk masker kain, segera cuci masker setelah selesai digunakan. Namun, untuk jenis masker N95 dan masker bedah, pastikan kamu menyobeknya dan membuangnya setelah digunakan.
  • Pastikan selalu untuk mencuci tangan setelah menggunakan masker.

Jelang new normal, tentu masker menjadi barang yang banyak dicari oleh masyarakat agar tetap aman saat beraktivitas. Bagi yang sedang mencari masker, cobalah cek di e-Catalogue Transmart. Tersedia berbagai jenis masker medis dan masker N95 dengan harga yang terjangkau.

Pastikan juga untuk mengecek berbagai macam APD lainnya seperti hand sanitizer, sarung tangan latex, hingga termometer untuk mencegah infeksi virus COVID-19 di era new normal ini.

Semua jenis APD tersebut bisa kamu dapatkan lengkap lewat e-Catalogue Transmart yang langsung bisa diakses melalui aplikasi detikcom. Caranya pun mudah, yaitu hanya dengan mengklik menu 'Layanan' kemudian pilih 'e-Catalogue Transmart'. Segera lengkapi kebutuhan APD guna lawan COVID-19 di era new normal.

(prf/ega)