Jumat, 12 Jun 2020 08:28 WIB

Hand Sanitizer Gel & Spray, Mana yang Lebih Ampuh Cegah Virus?

Inkana Putri - detikHealth
Hand sanitizer Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tak terasa sudah berbulan-bulan masyarakat di dunia menghadapi wabah virus COVID-19. Guna menekan angka penyebaran virus, pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, dan menerapkan jaga jarak.

Masker menjadi salah satu barang yang wajib digunakan oleh masyarakat saat ingin ke luar rumah di era new normal ini. Selain masker, hand sanitizer pun menjadi perlengkapan lain yang banyak dibawa masyarakat kemana pun dan di mana pun. Mengacu pada jenisnya, hand sanitizer umumnya terbagi menjadi dua jenis, liquid atau spray dan gel. Lalu, manakah jenis hand sanitizer yang lebih ampuh?

Hand Sanitizer Spray/Liquid

Melansir Hyalolex, disinfektan cair umumnya dapat bekerja lebih cepat yakni kurang dari 15 detik. Sementara pembersih gel membutuhkan waktu hingga 30 detik untuk menghilangkan virus atau bakteri. Selain itu, hand sanitizer cair juga lebih mudah kering dibandingkan hand sanitizer berjenis gel.

Hand Sanitizer Gel

Meskipun hand sanitizer gel lebih lama menyerap di tangan, namun hand sanitizer jenis ini merupakan jenis yang sangat baik untuk menjaga tangan bersih lebih lama sepanjang hari. Hal ini dikarenakan jenis gel yang lebih lama menyerap pada kulit. Selain itu, hand sanitizer gel juga lebih mudah dikeluarkan dan dibawa ke mana saja.

Meskipun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, secara ilmiah keduanya sama-sama efektif selama digunakan dengan benar dan menyeluruh hingga ke sela-sela jari dan di bawah kuku. Unsur yang paling penting dari pemilihan hand sanitizer adalah yang baik kandungan alkoholnya.

Pastikan hand sanitizer yang dipilih memiliki kandungan alkohol atau etanol sebanyak 60% atau lebih besar. Meskipun mengandung alkohol yang dapat membunuh bakteri, namun pastikan tetap mencuci tangan sebelum dan setelah berpergian dengan menggunakan sabun cuci tangan dan air.

Bagi yang sedang mencari hand sanitizer, coba cek di e-Catalogue Transmart. Tersedia berbagai macam APD seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan latex, hingga thermometer yang bisa menjaga diri dari sebaran virus COVID-19 di era new normal ini.

Semua jenis APD tersebut bisa didapatkan lengkap lewat e-Catalogue Transmart yang langsung bisa diakses melalui aplikasi detikcom. Caranya pun mudah, yaitu hanya dengan mengklik menu 'Layanan' kemudian pilih 'e-Catalogue Transmart'.

Yuk, segera lengkapi kebutuhan APD di e-Catalogue Transmart!

(prf/ega)