Jumat, 12 Jun 2020 08:43 WIB

Bunuh Virus dari Luar Rumah dengan Cuci Pakaian hingga Bersih

Angga Laraspati - detikHealth
Mencuci pakaian Foto: Shutterstock
Jakarta -

Skema new normal membuat aktivitas setiap orang yang tadinya dibatasi dapat beraktivitas kembali di luar rumah. Berbagai kegiatan seperti ibadah dan bekerja pun sudah dimulai dilonggarkan namun tetap memprioritaskan protokol kesehatan.

Selain itu, menjaga kebersihan juga jadi hal penting dalam menjalani skema new normal, mulai dari pakaian yang dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Mengapa begitu? Pakaian yang dikenakan selama di luar rumah dapat menyimpan bakteri dan juga virus-virus yang dapat menyebar ke lingkungan rumah.

Hal ini diperkuat oleh peneliti biomedis dan profesor patologi di John Jay College, Angelique Corthals yang menyebut virus dapat bertahan di sebuah permukaan. Meski begitu tidak banyak informasi tentang berapa lama virus COVID-19 dapat bertahan lama di tekstil.


"Namun, jika kita menyentuh permukaan yang terkontaminasi seperti tempat duduk di kereta, bersandar pada tiang, dan lainnya, kemungkinan virus tersebut akan terbawa kembali ke rumah," ungkap Corthals dikutip dari New York Times, Jumat (12/6/2020).

Lalu apa yang mesti dilakukan? Corthals menyarankan ada baiknya langsung mencuci pakaian dengan menggunakan air hangat. Menggunakan sarung tangan sekali pakai, setelah itu mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Selain itu mencuci menggunakan pembersih seperti deterjen juga dapat mencegah terbawanya virus-virus tersebut hinggap di pakaian. Adapun untuk memenuhi kebutuhan akan pembersih pakaian Anda dapat mencarinya di e-Catalogue Transmart. Ada berbagai pilihan seperti Bayclin Pemutih Disinfektan atau Rinso Anti Noda Classic.

Tidak hanya itu saja, Transmart juga memberikan berbagai promo alat pelindung diri (APD) untuk menghadapi new normal, seperti masker N95, hand sanitizer, topi dengan face shield hingga thermometer.

Semua produk tersebut bisa didapatkan dengan mudah lewat e-Catalogue Transmart yang langsung bisa diakses melalui aplikasi detikcom. Caranya yaitu dengan mengklik menu 'Layanan' kemudian pilih 'e-Catalogue Transmart'. Penuhi kebutuhan saat new normal di e-Catalogue Transmart!

(prf/ega)