Kamis, 11 Jun 2020 22:34 WIB

Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Tim detikHealth - detikHealth
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home Foto: iStock/Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat
Jakarta -

Asam urat adalah jenis radang sendi dengan tanda-tanda seperti nyeri mendadak dan pembengkakan. Orang-orang yang mengalami asam urat mengalami serangan nyeri, pembengkakan, dan peradangan sendi yang tiba-tiba dan parah.

Asam urat dapat dikontrol dengan obat-obatan, diet yang ramah asam urat, dan perubahan gaya hidup. Jika Anda menderita asam urat, makanan tertentu dapat memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat Anda. Makanan pemicu umumnya tingginya purin, suatu zat yang ditemukan secara alami dalam makanan.

Makanan yang biasanya memicu asam urat termasuk daging merah, makanan laut, dan alkohol. Makanan itu mengandung purin dalam jumlah sedang hingga tinggi.

Namun, ada satu pengecualian untuk itu. Penelitian menunjukkan bahwa sayuran tinggi purin tidak memicu asam urat. Dan yang menarik, minuman fruktosa dan pemanis gula dapat meningkatkan risiko asam urat. Meski fruktosa dan pemanis gula tidak kaya akan purin.

Sebaliknya, fruktosa dan pemanis gula dapat meningkatkan kadar asam urat dengan mempercepat beberapa proses seluler. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 125.000 peserta menemukan bahwa orang yang mengonsumsi fruktosa paling tinggi memiliki risiko 62% lebih tinggi terkena asam urat.

Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa produk susu rendah lemak, produk kedelai, dan suplemen vitamin C dapat membantu mencegah asam urat dengan mengurangi kadar asam urat darah.

Jadi makanan apa yang harus Anda hindari bagi penderita asam urat? Jika Anda rentan terhadap asam urat mendadak, hindari penyebab utama yakni makanan dengan purin tinggi.

Makanan dengan purin tinggi yakni makanan yang mengandung lebih dari 200 mg purin per 3,5 ons (100 gram). Anda juga harus menghindari makanan tinggi fruktosa.

Berikut adalah beberapa makanan purin tinggi utama, makanan purin menengah dan makanan fruktosa tinggi yang harus dihindari penderita asam urat dilansir heathline:

1. Semua daging: ini termasuk hati, ginjal, roti manis dan otak, daging burung, daging sapi muda, dan daging rusa

3. Ikan: Herring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri, dan haddock.

3. Makanan laut lainnya: Kerang, kepiting, udang, dan telur

4. Minuman manis: Terutama jus buah dan soda manis

5. Gula yang ditambahkan: madu, dan sirup jagung fruktosa tinggi

6. Ragi

Ragi nutrisi, ragi bir dan suplemen ragi lainnya

Selain itu, karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan kue kering harus dihindari. Meskipun tidak tinggi purin atau fruktosa, mereka rendah nutrisi dan dapat meningkatkan kadar asam urat Anda.

Lalu makanan apa yang harus dimakan bagi penderita asam urat?

Meskipun diet yang ramah asam urat menghilangkan banyak makanan, masih ada banyak makanan rendah purin yang bisa Anda nikmati. Makanan dianggap rendah purin yakni kurang dari 100 mg purin per 3,5 ons (100 gram).

Berikut adalah beberapa makanan rendah purin yang umumnya aman untuk penderita asam urat:

-Buah-buahan: Semua buah-buahan umumnya baik untuk asam urat. Ceri bahkan dapat membantu mencegah serangan dengan menurunkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan.

-Sayuran: kentang, kacang polong, jamur, terong

-Kacang: Semua kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk kedelai dan tahu

-Biji-bijian utuh: Ini termasuk gandum, beras merah, dan gandum.

-Produk susu: Semua produk susu aman, tetapi produk susu rendah lemak sangat dianjurkan.

-Telur

-Minuman: Kopi, teh, dan teh hijau.

-Bumbu dan rempah-rempah: Semua bumbu dan rempah-rempah.

-Minyak nabati: termasuk minyak kanola, kelapa, zaitun dan rami.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)