Minggu, 14 Jun 2020 12:07 WIB

Mal Segera Dibuka, Wajib Siapkan Ini untuk Cegah Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sejumlah mal di Jakarta bersiap untuk beroperasi kembali dengan skenario new normal pada 15 Juni 2020 mendatang. Salah satunya mal Senayan City. Mal segera dibuka kembali. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Memasuki new normal, mal akan kembali dibuka setelah sekian lama ditutup karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pun telah memastikan mal akan dibuka pada Juni ini.

"Tetap, bulan Juni ini pasti," ungkap Agus di kantor Kemendag, Jakarta Pusat, akhir Mei lalu.


Menurut seorang dokter jantung yang juga influencer kesehatan, dr Vito Damay, jika memang harus pergi ke mal atau pusat perbelanjaan, ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan agar terhindar dari virus Corona. Salah satunya adalah dengan membawa hand sanitizer.

"Ingat untuk bawa hand sanitizer, karena berjaga-jaga apabila Anda ingin memperbaiki posisi masker atau perlu untuk (sebelum) pegang muka," kata dr Vito melalui pesan singkat kepada detikcom, baru-baru ini.

"Mungkin akan jauh ke tempat air mengalir atau sabun untuk cuci tangan. Intinya jaga tangan bersih ketika akan sentuh bagian muka," lanjutnya.

Selain itu, dr Vito menyarankan untuk menggunakan face shield bila perlu. Hal ini untuk mengantisipasi kesulitan menjaga jarak akibat ramainya pengunjung mal.

"Pertimbangkan menggunakan face shield, apabila Anda pikir bahwa Anda harus ke mal dan mal akan ramai sekali hingga sulit menjaga jarak 1 meter karena berdesak-desakan," sarannya.

Terakhir, dr Vito pun menegaskan agar masyarakat menjaga kebersihan tangan selama di mal. Sebab, salah satu risiko penularan virus Corona adalah melalui tangan.

"Ingat jangan pegang-pegang barang atau apapun di mal jika tidak perlu. Jaga sebaik mungkin tangan Anda," pungkasnya.



Simak Video "18 Hand Sanitizer Mengandung Zat Kimia Tinggi Ditarik Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)