Senin, 15 Jun 2020 07:33 WIB

Dirawat 2 Bulan karena Corona, Total Perawatan Pria Ini Capai Rp 14 M

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China Total biaya perawatan pria ini mencapai 14 miliar rupiah. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Usai dirawat intensif selama 2 bulan karena virus Corona COVID-19, ternyata total biaya perawatan pria 70 tahun ini mencapai 14,1 miliar rupiah. Pria bernama Michael Flor dari Amerika Serikat (AS) ini kondisinya sempat memburuk bahkan kritis.

Dikutip dari AFP, ia pertama kali masuk rumah sakit pada 4 Maret lalu. Usai dirawat 62 hari, Flor bisa bertahan dan sembuh dari virus Corona COVID-19.

Namun pada 5 Mei, ia terkejut mendapati tagihan biaya rumah sakit dengan total 14,1 miliar rupiah. Tagihan ini termasuk Rp 137,5 juta per hari untuk ruang perawatan intensif, Rp1,1 miliar untuk penggunaan ventilator selama 29 hari, dan nyaris Rp 1,4 miliar selama dua hari ketika prognosisnya memburuk, dan lain-lain.

Beruntungnya, biaya tersebut ditanggung oleh program asuransi pemerintah untuk lanjut usia, Medicare. Flor dikatakan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk tagihan dengan total Rp 14,1 miliar.

"Itu adalah satu juta dolar untuk menyelamatkan saya, dan tentu saja saya akan bilang uang itu dihabiskan dengan berguna. Tetapi saya juga tahu saya mungkin hanya satu-satunya yang mengatakan itu," kata Flor.



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya