Senin, 15 Jun 2020 13:48 WIB

Konsumsi Ini Bantu Jaga Imunitas Hadapi New Normal

Abu Ubaidillah - detikHealth
makanan sehat Foto: shutterstock
Jakarta -

Masyarakat dihadapkan dengan situasi baru yang dikenal dengan nama new normal. Sebagian masih khawatir dapat terpapar COVID-19, namun asalkan menerapkan pola hidup sehat dan mengikuti protokol pencegahan maka COVID-19 bisa dihindari.

Salah satu yang penting diperhatikan adalah soal makanan. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu tubuh memenuhi nutrisi harian sehingga aktivitas di masa new normal makin lancar.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menyebut bila melakukan aktivitas fisik, pastikan tubuh mendapatkan sumber nutrisi tambahan karena tubuh membutuhkan energi lebih agar aktivitas keseharian dapat berjalan dengan optimal, salah satunya bisa dengan menambah porsi snack sehat.

"Snack sehat dapat dikonsumsi setelah makan besar, atau dapat juga setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup melelahkan agar mengembalikan stamina tubuh, namun bukan untuk menggantikan atau mengurangi porsi makan besar Anda," ujarnya baru-baru ini kepada detikcom.

Saat mengonsumsi snack, perlu diperhatikan apakah snack yang dikonsumsi mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh atau tidak untuk menjaga imunitas di era new normal. Dilansir dari Cycling Weekly, beberapa snack sehat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh antara lain sebagai berikut.

1. Yoghurt

Yoghurt telah lama dikenal sebagai snack sehat karena mengandung tinggi protein, kadar gula yang rendah, serta memiliki bakteri baik (probiotik) yang muncul secara alami untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan tingkat bakteri baik di usus dan mengurangi infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan.

2. Teh

Secangkir teh dapat membantu Anda melawan infeksi berkat antioksidan tingkat tinggi. Anda bisa meminum teh hitam ataupun teh hijau karena keduanya sama-sama terbukti merangsang efek positif pada sistem kekebalan tubuh.

3. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah salah satu sumber vitamin C terkaya, mengandung sekitar 70-100 mg per buah, ini lebih dari asupan harian yang direkomendasikan. Oleh karena itu, mengonsumsi 1 buah kiwi setiap harinya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

dr Adeline menambahkan, menurutnya untuk menjaga daya tahan tubuh menghadapi new normal, asupan nutrisi perlu ditingkatkan seperti karbohidrat kompleks, protein nabati maupun hewani, sayur dan buah-buahan (tinggi serat), susu serta asupan lemak baik yang dapat diperoleh dari kacang-kacangan.

Bagi yang ingin mengonsumsi snack untuk menemani aktivitas selama new normal sekaligus tetap menjaga daya tahan tubuh, Anda tak perlu sulit mencarinya, Fitbar hadir dengan mengandung kebaikan dari multigrain utuh lebih kaya serat, mineral, dan vitamin untuk mendukung asupan nutrisi sehari-hari.

Fitbar hanya mengandung 90 kkal per sajian serta memiliki rasa cokelat, fruits, nuts dan tiramisu delight sehingga ngemil tetap menyenangkan. Bukan cuma rendah kalori, Fitbar juga bebas kolesterol (0 mg/saji), serta memiliki sumber vitamin A, B12 dan C, serta tinggi kalsium.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)