Senin, 15 Jun 2020 13:11 WIB

Ilmuwan Yakini Vaksin Polio Bisa Cegah Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Female nurse or doctor holding polio vaccination. Vaksin polio disebut bisa bantu lawan virus Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Ketika beberapa negara tengah berusaha mengembangkan vaksin Corona untuk mengatasi pandemi, beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan vaksin yang sudah ada. Disebutkan, ada banyak bukti seperti vaksin polio, bisa melindungi anak-anak dari berbagai infeksi penyakit.

Para ahli dalam studi yang diterbitkan Science mengatakan tengah melakukan pengujian untuk melihat apakah vaksin polio oral terbukti dan efektif dalam mencegah infeksi virus Corona COVID-19.

Dikutip dari CNN, vaksin polio oral dikatakan aman, murah, mudah diberikan, dan tersedia luas dengan lebih dari 1 miliar dosis diproduksi dan digunakan setiap tahun di lebih dari 140 negara.

"Akan masuk akal untuk setidaknya mengujinya (vaksin polio) melihat apakah itu membantu melawan virus Corona," kata Konstantin Chumakov dari FDA dan Dr Robert Gallo dari Institut Virologi Manusia di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, para peneliti bersama dengan rekan-rekan mereka.

"Kami mengusulkan penggunaan vaksin polio oral untuk memperbaiki atau mencegah COVID-19. Baik virus polio dan virus Corona adalah virus RNA untai positif. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa mereka dapat menginduksi dan dipengaruhi oleh mekanisme kekebalan bawaan," tulis para peneliti.

"Vaksin virus polio oral khususnya, dapat memberikan perlindungan sementara terhadap penyakit virus Corona," lanjut para peneliti.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)