Senin, 15 Jun 2020 14:16 WIB

Ketar-ketir Pemerintah Jepang Hadapi Ancaman Virus Corona dari Klub Malam

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kawasan Shinjuku Jepang Shinjuku, kawasan hiburan malam paling terkenal di Jepang yang dikaitkan dengan penularan Corona. Foto: (Syanti Mustika/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Tokyo, Jepang, pada Minggu (14/6/2020) mengkonfirmasi adanya penambahan 47 kasus infeksi virus Corona baru yang menandai jumlah penularan terbanyak sejak bulan lalu. Dari jumlah itu, 18 orang di antaranya terkait dengan kluster klub malam di Shinjuku.

Dari 29 orang sisanya, 14 lainnya juga terkait dengan tempat hiburan malam di daerah lain.

Pemerintah Kota Tokyo meminta orang yang bekerja di klub malam dan tempat hiburan serupa untuk secara rutin melakukan tes virus Corona sebagai bagian dari upaya membendung penyebaran COVID-19 di distrik 'hiburan malam' seperti daerah Kabukicho, Shinjuku.

"Melalui pengujian yang aktif, (saya berharap) orang akan sadar mengenai infeksi dan tidak akan menularkan ke orang lain," kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike dikutip dari SCMP.

Ke-18 orang yang terkait dengan kluster hiburan malam ditemukan setelah dilakukan pengujian kelompok. Dikutip dari The Japan Times, untuk mengatasi kekhawatiran tentang kluster baru Corona dari klub malam pemerintah setempat juga membuat pedoman seperti harus menyimpan catatan nama pelanggan dan informasi kontak mereka juga memastikan dipatuhinya aturan jaga jarak sosial.

Selain di klub malam, aturan tersebut juga berlaku di tempat hiburan kabaret, perhotelan, dan pertunjukan musik.

Deklarasi darurat Jepang dicabut pada 25 Mei, dan pihak berwenang berupaya mencegah gelombang kedua infeksi yang kemungkinan akan terjadi di distrik klub malam.

Klub malam telah berkali dikaitkan dengan kluster baru virus Corona. Sebelumnya pada awal Mei, Korea Selatan menutup lebih dari 2.100 klub malam di Seoul dan kota-kota di sekitarnya karena berkaitan dengan penularan virus Corona COVID-19 ke 50-an pengunjung, oleh seorang pria 29 tahun yang diyakini sebagai super spreader.

Dalam semalam, pria itu mendatangi 5 klub malam. Diperkirakan ada sekitar 7.200 pengunjung lain yang mendatangi klub malam, dan dikhawatirkan terlibat kontak dengan pria tersebut.



Simak Video "Pesan Dokter Jika Anak Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)