ADVERTISEMENT

Senin, 15 Jun 2020 17:39 WIB

Dokter Paru Soroti Kebiasaan Buka Masker Saat Bersin

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Masker merupakan langkah antisipasi paling awal untuk mencegah penyebaran virus Corona. Saat ini, masih banyak warga beraktivitas tanpa mengenakan masker. Masker justru dipakai untuk menangkap percikan liur dari bersin. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Siapa di sini yang kalau bersin, masker kainnya dibuka agar tidak kotor dan basah? Bersin yang tidak ditutup berisiko menyebarkan penyakit pada orang lain di sekitar.

Hal ini juga diresahkan oleh dokter spesialis paru di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, dr Jaka Pradipta, SpP. Melalui akun Twitter pribadi miliknya, ia menyayangkan masih ada orang yang tidak melakukan etika bersin dengan benar.

"Pakai masker. Pas bersin maskernya malah dibuka. Habis itu dipakai lagi. Sayang maskernya biar nggak kotor katanya," tulis dr Jaka dalam tweetnya, Senin (15/6/2020).

Menurut dr Jaka, masker berfungsi untuk mencegah penularan dan melindungi kita dari risiko infeksi penyakit.

"Kalau kita lepas, artinya kita membahayakan orang lain," jelas dr Jaka melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (15/6/2020).

dr Jaka juga menjelaskan, selama masker kain masih dalam kondisi bagus, tidak basah, dan kotor, maka tidak apa-apa untuk tetap digunakan. Tetapi, perlu diingat untuk tetap membawa masker kain cadangan.

"Jadi bersin atau batuk dengan masker. Bila masker dalam kondisi baik, teruslah dipakai," ujarnya.

"Tapi bila kita flu berat, sampai maskernya kotor dan basah, masker harus diganti," lanjutnya.

Tetapi, apakah tidak berbahaya jika kita menghirup virus yang sudah menempel di masker setelah bersin?

"Kalau secara pasti membuat tambah parah sih nggak juga. Tapi yang jelas maskernya sudah infeksius (load virusnya banyak) dan perlindungannya sudah tidak optimal, jadi harus diganti," pungkasnya.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT