Selasa, 16 Jun 2020 06:14 WIB

Sering 'Ngulet' Saat Bangun Tidur? 3 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan

Anjar Mahardhika - detikHealth
Good morning by stretching feet with pink socks out of the blanket. Choose focus point with copy space. Bangun tidur langsung ngulet (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu kebiasaan seseorang saat bangun tidur adalah melakukan peregangan atau yang biasa dikenal ngulet. Kebiasaan ini merupakan reaksi spontan tubuh saat bangun dari tidur.

Meskipun sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, banyak yang tidak menyadari manfaatnya bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat ngulet saat bangun tidur yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Mengembalikan fleksibilitas otot

Di saat tertidur, otot tubuh biasanya dalam keadaan kaku serta terasa tegang akibat posisi berbaring dalam waktu yang lama. Kebiasaan melakukan ngulet secara tidak sadar saat bangun dapat mengembalikan fleksibilitas otot, di antaranya fleksibilitas otot tangan, belakang leher, hingga kaki.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Melakukan peregangan atau ngulet diketahui dapat membuat sirkulasi darah berjalan dengan lancar. Selain membuat otot kaku dan tegang, tidur atau berbaring dalam waktu yang lama dapat menghambat peredaran darah seseorang. Jadi ketika melakukan peregangan, darah akan lebih cepat mengalir semua bagian tubuh termasuk otot.

3. Menurunkan tingkat stres

Ngulet saat bangun pagi juga bermanfaat untuk menghilangkan stres dan ketegangan. Saat ngulet, tubuh menghasilkan endorfin yang dapat menimbulkan rasa senang.

Nah, melakukan peregangan juga membuat tubuh akan lebih positif menjalani hari.



Simak Video "Gerakan Ringan untuk Mulai Liburan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)