Selasa, 16 Jun 2020 08:24 WIB

Pria India Meninggal Usai Klaim Mampu Sembuhkan Pasien Corona dengan Cium Tangan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Covid-19: Jumlah kasus virus corona di Mumbai melampaui Wuhan, India peringkat lima dunia Ilustrasi kondisi pandemi Corona di India. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pria asal India mulanya menawarkan cara tidak biasa untuk mencegah dan menyembuhkan pasien Corona. Caranya adalah dengan mencium tangan pria ini.

Dikutip dari New York Post, pria bernama Aslam Baba memberi tahu para pengikutnya di Ratlam, India, agar melakukan cara ini. Disebutkan, mencium tangannya mampu membuat segala beban penyakit hilang termasuk virus Corona COVID-19.

Namun, Baba, istilah umum untuk seorang penatua yang bijak di India terbukti positif Corona pada 3 Juni dan meninggal di hari berikutnya, demikian laporan The Print. Pejabat setempat juga melakukan swab test ke 40 orang yang telah melakukan kontak dengannya. Hasilnya, sebagian orang dinyatakan positif virus Corona COVID-19.


"Dua puluh dari mereka, termasuk tujuh dari keluarganya, telah dinyatakan positif Corona," kata departemen kesehatan Ruchika Chouhan, sekaligus menegaskan tes lain masih menunggu hasil.

"Setidaknya ada 29 pria yang dilaporkan menawarkan pengobatan serupa," kata para pejabat India.

Badan kesehatan lokal kini tengah mengidentifikasi 29 orang yang melakukan praktik serupa. Mereka disebut akan menjalani karantina.



Simak Video "Inilah Sumber Penularan Virus Covid-19 ke Kelompok Rentan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)