Selasa, 16 Jun 2020 09:33 WIB

Heboh Bintang Emon Dituduh Pemakai, Apa Sih Ciri-ciri Kecanduan Narkoba?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Bintang Emon komentar novel baswedan Bintang Emon bantah dituduh pakai narkoba. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Komika Bintang Emon baru-baru ini dituduh sebagai pemakai narkoba oleh dua akun anonim di media sosial. Tidak terima dinyatakan seperti itu, Bintang membuktikan dirinya negatif narkoba dengan menunjukkan hasil tes dari rumah sakit.

"Pasien diperiksa di RS Pondok Indah Puri Indah dan dilakukan pemeriksaan urin tes Amphetamine, Opiates Coccaine, zmarijuana (THC), dan Benzodiapine hasilnya dinyatakan negatif," begitu jelas surat keterangan dari rumah sakit untuk Bintang.

Ada beberapa ciri seseorang adalah pemakai atau pemadat narkoba. Berikut ciri-cirinya dikutip dari Mayo Clinic:

Masalah di sekolah atau di tempat kerja

Para pemakai sering absen di sekolah atau di tempat kerja. Kegiatan sosial di lingkungan sekolah atau kinerja di pekerjaan pun menurun.

Masalah kesehatan fisik

Para pemakai kurang memiliki energi dan motivasi. Mereka juga mengalami penurunan atau kenaikan berat badan disertai mata memerah.

Penampilan yang terabaikan

Para pemakai tidak memiliki penampilan yang rapih. Terkesan tidak terawat dan tidak terlalu memperdulikan penampilan seperti sebelumnya.

Perubahan perilaku

Adanya perilaku yang berbeda misalnya anggota keluarga dilarang masuk ke kamar. Ada rahasia yang disembunyikan dari teman-teman terdekat termasuk keluarga sehingga hubungan menjadi terganggu.

Masalah uang

Para pemakai sering tiba-tiba meminjam uang tanpa alasan yang masuk akal. Barang-barang keluarga dan teman terdekat bisa jadi telah dicuri untuk membeli narkoba.

Tentunya, seseorang tidak bisa dinyatakan memakai narkoba hanya dengan melihat ciri fisik dan perubahan perilaku. Diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan ada tidaknya jejak bahan terlarang di tubuhnya.



Simak Video "Peneliti Kemenkes Ungkap Risiko Bila Ganja Tetap Dijadikan Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)