Selasa, 16 Jun 2020 11:56 WIB

Jaga Kesehatan Saat New Normal, Yuk Kenali 4 Tanda Obesitas Ini

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
ilustrasi obesitas Foto: thinkstock
Jakarta -

Kesehatan fisik maupun mental harus kita jaga saat memasuki masa new normal saat ini. Di tengah pandemi yang melumpuhkan aktivitas, salah satu penyakit yang sering menjadi masalah bagi kebanyakan orang adalah obesitas atau kegemukan.

Dengan aktivitas yang terbatas dan anjuran untuk tetap di rumah, obesitas dapat menjadi berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit lainnya. Untuk itu kamu perlu tahu apa saja sih tanda-tanda ketika dirimu terkena obesitas. Dilansir dari timesofindia.com berikut 4 tanda seseorang yang terkena obesitas.

Dyspnea atau Sesak Napas

Seseorang yang mengalami obesitas, biasa pada saat melakukan aktivitas berat seperti olahraga kesulitan untuk bernapas. Hal itu dikarenakan lemak yang menumpuk pada bagian leher, dapat mengganggu saluran pernapasan yang membuat napas menjadi lebih sesak.

Lutut yang Sering Sakit

Keadaan nyeri pada bagian lutut dapat menjadi salah satu tanda obesitas. Berat lemak yang berlebih akan menimbulkan tekanan pada bagian lutut, sehingga bisa membuat rasa sakit saat berjalan.

Masalah Kulit

Ketika seseorang mengalami obesitas, tanda yang paling sering terlihat adalah kulit yang terlihat melar atau munculnya tanda stretch mark. Selain itu ada juga tanda kulit lainnya seperti bagian yang menghitam di sekitar leher atau lipatan tubuh.

Sering Mendengkur

Obesitas juga dapat menyebabkan dengkuran karena banyaknya lemak di sekitar leher. Selain itu obesitas juga meningkatkan risiko seseorang mengalami sleep apnea, suatu penyakit yang membuat pernapasan seseorang sering terhenti sementara ketika tidur.

Itulah beberapa tanda ketika kamu mengalami obesitas. Untuk selalu menjaga kesehatan di masa new normal ini, ada baiknya untuk konsultasi kesehatan berat badanmu kepada dokter yang memahami mengenai masalah obesitas.

Aplikasi Grab melalui layanan GrabHealth, mempermudah konsultasi kepada para pakar yang dapat membantumu menjaga berat badan sehingga tidak menimbulkan obesitas. Konsultasi tersebut dapat diakses melalui bagian Ask a Doctor atau banner pada layanan GrabHealth.



Simak Video "Usai Lockdown, Berat Badan Pria di Wuhan Naik hingga 100 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)