Selasa, 16 Jun 2020 12:06 WIB

Ada Lonjakan 100 Kasus Baru Virus Corona, Beijing Perketat Pembatasan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Otoritas China melaporkan nol kasus baru virus Corona (COVID-19) untuk pertama kalinya sejak data mulai dilaporkan pada Januari lalu. Pemerintah Beijing perketat pembatasan untuk cegah penularan Corona. (Foto ilustrasi: AP Photo)
Jakarta -

Pihak pemerintah di Beijing, China, memberlakukan lebih banyak pembatasan untuk menghentikan penyebaran virus Corona ke provinsi lainnya. Mereka melarang orang-orang yang berisiko tinggi untuk melakukan perjalanan dan menangguhkan beberapa layanan transportasi ke luar kota.

Pada Selasa (16/6/2020), pejabat Beijing melaporkan 27 kasus baru COVID-19 yang sudah terkonfirmasi. Ini memicu kekhawatiran akan adanya gelombang kedua dari virus ini.

Meskipun tidak di-lockdown seperti Wuhan dulu, Beijing telah menerapkan pos pemeriksaan keamanan yang bertugas selama 24 jam, menutup sekolah, dan mengingatkan masyarakat untuk jaga jarak.

Saat ditelusuri, wabah ini mengarah dari pusat grosir makanan Xinfadi di barat daya Beijing. Itu merupakan tempatnya ribuan ton sayuran, buah-buahan, dan daging berpindah dari satu tangan ke tangan lain setiap harinya.

Sejak Senin (15/6/2020) malam, Beijing telah menandai lebih banyak lingkungan yang berisiko tinggi penularan Corona. Daerah yang berisiko diminta untuk mengambil tindakan tegas untuk mencegah kemungkinan terjadinya infeksi.

Dikutip dari Reuters, beberapa daerah di Beijing termasuk lingkungan lama kota ditutup, pintu masuk dan keluar pun dijaga pos pemeriksaan sepanjang waktu. Semua orang yang berisiko tinggi terinfeksi juga tidak diizinkan meninggalkan kota.

Pemerintah di beberapa wilayah sekitar Beijing pun sudah menerapkan persyaratan karantina untuk para pendatang atau pengunjung dari Beijing. Hingga Selasa ini, pejabat setempat telah mengumpulkan 111 kontak dekat dengan para pasien positif untuk di observasi lebih dalam.



Simak Video "Temuan Seputar Varian Omicron yang Perlu Jadi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)