Selasa, 16 Jun 2020 14:06 WIB

Saran Dokter Jantung Bagi yang Ingin Bersepeda di Masa New Normal

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Para pesepeda baik perorangan maupun rombongan melintasi jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Sabtu (13/6/2020). Penggunaan sepeda untuk berolahraga dilaporkan meningkat saat new normal. Kecenderungan tersebut diperoleh dari naiknya penjualan sepeda di sejumlah kota pada beberapa pekan terakhir. Saran dokter jantung bagi pesepeda di masa new normal. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Memasuki masa new normal, beberapa orang mulai kembali berolahraga di luar rumah. Olahraga sepeda jadi salah satu yang paling digemari, tetapi bagaimana biar olahraga tidak mengganggu kesehatan jantung?

Seperti yang dikatakan spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Sari Sri Mumpuni, SpJp (K), FIHA, lebih aman melakukan olahraga sepeda di sekitar rumah. Waktu yang disarankan juga tidak lebih dari setengah jam.

"Bisa sepeda keliling komplek atau perumahan. Olahraga di lingkungan sekitar rumah. Tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas berat," jelasnya saat melakukan webinar RSPI soal "Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Jantung di Masa New Normal" pada Selasa (16/6/2020).

Menurut dr Sari, waktu aman berolahraga termasuk bersepeda yang perlu dicatat adalah selama 30 menit. Dianjurkan untuk dilakukan tiga hingga lima kali dalam seminggu.

"Tidak perlu pakai masker kecuali jika bertemu dengan tetangga. Jaga jarak dan bawa hand sanitizer," lanjutnya.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)