Selasa, 16 Jun 2020 15:03 WIB

WHO: Dugaan Corona Berasal dari Ikan Salmon Perlu Diteliti Lebih Lanjut

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Raw fillets of red fish, salmon, cooking healthy diet dishes for dinner Salmon dikaitkan dengan penularan Corona di pasar Beijing. (Foto: iStock)
Jakarta -

Asal usul infeksi virus Corona yang mewabah di Beijing hingga kini masih ditelusuri. Dugaan awal, ada klaim bahwa wabah tersebut disebabkan oleh salmon impor.

Surat kabar yang dikelola pemerintah Beijing melaporkan COVID-19 ditemukan pada talenan yang digunakan untuk mengolah salmon impor di pasar Xinfadi, di tengah kekhawatiran akan gelombang kedua pandemi virus Corona di China.

Mike Ryan, kepala penanggulangan penyakit emergensi WHO mengatakan hipotesis tersebut harus diuji secara sistematis sebelum menyimpulkan kondisi sebenarnya.

"Saya rasa kita perlu melihat apa yang sebenarnya terjadi pada kasus ini. Saya tidak percaya itu (penularan dari ikan salmon) adalah hipotesis utama. Perlu dieksplorasi," tuturnya dalam briefing dikutip dari Channel News Asia.

Komentarnya senada dengan pendapat para ahli yang mengatakan bahwa ikan itu sendiri tidak mungkin membawa penyakit. Keterkaitan salmon dalam hal ini bisa jadi hasil dari kontaminasi silang.

Saat ini China, importir utama makanan laut dan daging, menghentikan pembelian dari pemasok ikan salmon di Eropa karena khawatir terkait dengan virus Corona.

Ryan mengatakan pihaknya telah menawarkan bantuan teknis ke China untuk melakukan pelacakan. Ia sepenuhnya mengharapkan agar China mempublikasikan urutan genetik virus dari Beijing yang menyebut strainnya mirip dengan yang ada di Eropa.

"Seperti yang kita lihat di banyak negara, munculnya kasus baru, terutama jika tidak diketahui asal usulnya, selalu menjadi perhatian," sebut Ryan.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)