Rabu, 17 Jun 2020 11:40 WIB

3 Bahan Herbal Ini Bisa Bantu Atasi Nyeri Lambung

Abu Ubaidillah - detikHealth
Asam Lambung Foto: shutterstock
Jakarta -

Nyeri di perut dapat berasal dari kondisi yang mempengaruhi berbagai organ. Organ yang terpengaruh hingga menyebabkan perih dan panas adalah lambung. Selain perih dan panas, terdapat beberapa gangguan yang akan terjadi pada lambung seperti kembung, begah, mual, nyeri pada ulu hati, hingga cegukan.

Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi menyebut dari segi kesehatan, jika asam lambung naik maka akan semakin membuat lambung iritasi dan dapat menyebabkan kerusakan pada mukosa lambung.

"Perlu diingat juga jika keluhan dispepsia dapat juga dilatarbelakangi penyakit lain yang serius seperti gangguan pada usus, pankreas, empedu dan hati yang perlu penatalaksanaan yang lebih serius," ujar dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.

Maka dari itu, gejala pada lambung harus diatasi salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang lebih aman dari bahan kimia seperti dilansir dari Healthline dan berbagai sumber lainnya antara lain:

1. Jahe merah

dr Helmin mengatakan, bahan alami tersebut sudah digunakan turun-temurun untuk mengatasi gangguan saluran cerna bahkan sebelum ada obat-obatan. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian, efikasi dan keamanannya semakin dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

2. Madu

Madu merupakan makanan kaya antioksidan yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya adalah membantu melawan bakteri H. pylori, salah satu penyebab paling umum sakit maag. Konsumsi madu secara teratur dapat membantu mencegah bisul, terutama yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

3. Kunyit

Kunyit juga memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Studi terbatas telah dilakukan pada manusia dengan memberi 600 mg kunyit pada 25 peserta. 4 minggu kemudian, borok telah sembuh di 48% peserta sementara 12 minggu kemudian, 76% peserta terbebas dari tukak lambung.

Itulah beberapa bahan herbal yang bisa mengatasi gangguan pada lambung. Namun sebagian orang mungkin merasa kerepotan untuk mengolahnya, untuk itu Anda bisa memilih Promag Herbal dengan kandungan 8 bahan herbal yang diproses secara modern.

Konsumsi Promag Herbal secara teratur untuk meredakan gangguan lambung seperti mual, muntah, perih pada ulu hati, kembung/sebah. Promag Herbal juga bisa diminum langsung atau dicampur dengan air hangat.



Simak Video "Kemenkes: Lansia Perlu Hati-hati Gunakan Herbal untuk Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)