Rabu, 17 Jun 2020 14:43 WIB

Selain Dexamethasone, Ini Obat yang Diklaim Efektif untuk Pasien Corona

Anjar Mahardhika - detikHealth
ilustrasi obat Selain dexamethasone, ini obat yang efektif untuk tangkal Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Saat ini banyak peneliti dan perusahaan yang berlomba menemukan vaksin dan obat untuk menyembuhkan pasien virus Corona. Beberapa obat ada yang telah menunjukkan hasil yang efektif pada pasien Corona.

Terbaru 'obat murah' dexamethasone diklaim mampu mengurangi angka kematian pasien kritis yang terinfeksi virus Corona. Dexamethasone merupakan obat steroid yang biasa digunakan untuk mengurangi peradangan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyambut baik pengujian obat dexamethasone untuk mengobati pasien virus Corona.

Sebelumnya terdapat beberapa obat yang dianggap dapat mengobati pasien virus Corona. Berikut deretan obat yang diklaim efektif menyembuhkan pasien virus Corona, dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

Klorokuin

Klorokuin dan hidroksiklorokuin menjadi salah satu obat yang dianggap kontroversial. Obat malaria ini pada awalnya diklaim ampuh menyembuhkan pasien virus Corona. Namun sempat ada studi yang menyebut obat ini dapat meningkatkan risiko kematian pada pasien Corona sehingga WHO pun kemudian menghentikan uji klinisnya.

Terakhir WHO menarik ucapannya dan kembali melanjutkan riset terkait obat ini. Beberapa negara di dunia dikethui masih menggunakan obat ini untuk mengobati pasien virus Corona termasuk Indonesia.

Remdesivir

Obat yang diproduksi Gilead Sciences ini diklaim ampuh mengobati pasien virus Corona. Beberapa negara bahkan menyetujui penggunannya untuk diberikan kepada pasien, di antaranya Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura.

Terdapat penelitian dalam jurnal Nature yang menyebutkan ramdesivir mampu mencegah penyakit dan kerusakan paru-paru yang disebabkan virus Corona.

Avigan

Avigan merupakan obat flu asal Jepang yang diproduksi Fujifilm Holdings Corp. Dalam sebuah penelitian di China obat ini menjanjikan untuk pasien yang terinfeksi virus Corona. Avigan diklaim dapat membersihkan virus lebih cepat dibandingkan dengan obat anti-HIV lainnya.

Bahkan baru-baru ini Kementerian Kesehatan Rusia telah menyetujui penggunaan obat avivafir yang merupakan versi generik dari avigan untuk pasien virus Corona setelah terbukti efektif dalam uji klinis.

Kombinasi Obat

Sementara itu, pemerintah Indonesia pada Jumat (12/6/2020) mengumumkan lima kombinasi obat yang dianggap efektif melawan virus Corona. Lima kombinasi obat tersebut adalah sebagai berikut.

Lopinavir-ritonavir-azitromisin
Lopinavir-ritonavir-doksisiklin
Lopinavir-ritonavir-klaritromisin
Hidroksiklorokuin-azitromisin
Hidroksiklorokuin-doksisiklin

liga inggris


Simak Video "Daftar Kontak Mobil Darurat untuk Evakuasi Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)