Kamis, 18 Jun 2020 11:14 WIB

Jaga Imunitas Si Kecil, Ini 3 Resep Kreasi Makanan Sehat Saat #DiRumahAja

Abu Ubaidillah - detikHealth
makanan anak Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjaga daya tahan tubuh si kecil sangat penting untuk menangkal virus dan kuman berbahaya, apalagi situasi saat ini tengah tidak menentu. Salah satunya adalah dengan memberi makanan bernutrisi lengkap. Namun yang menjadi masalah kadang si kecil lebih suka makan jajanan ketimbang makanan yang sehat.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menyebut pada anak usia di bawah 2 tahun jika tidak mau makan sayur jangan dianggap serius karena sayur berfungsi sebagai sumber vitamin, mineral, dan cara mengenalkan rasa serta jenis makanan pada anak.

"Sayur dan serat ini bisa di dapat dari nasi, biji-bijian, dan umbi -umbian, serta penambahan inulin di dalam susu anak juga bisa membantu terpenuhinya Prebiotik atau serat untuk anak," ujarnya baru-baru ini kepada detikcom.

Sebagai gantinya, Bunda bisa mengakali dengan membuatkan kreasi makanan selama #DiRumahAja untuk si kecil yang menyehatkan seperti dilansir dari Delish antara lain,

1. Broccoli Cheesy Bread

Perpaduan antara brokoli yang sehat dan keju yang nikmat tentu akan disukai si kecil. Cara membuatnya pun mudah, campurkan keju, brokoli, telur, bawang putih, garam, lalu aduk dalam loyang dan panaskan di oven selama kurang lebih 20 menit.

2. Monster Trail Mix Bites

Snack kering nan lembut ini cocok diberikan buat si kecil. Selain rasanya nikmat juga menyehatkan karena berbahan dasar oat. Cara membuatnya cukup sederhana, yakni dengan mengaduk oat, cokelat, kacang tanah, selai kacang, dan garam hingga merata. Kemudian bentuk seperti bola-bola kecil dan dinginkan selama 1-2 jam.

3. Banana Sushi

Berbahan dasar pisang, snack ini menjadi pilihan tepat karena mudah ditelan oleh si kecil. Cara membuatnya yakni dengan mengiris pisang menjadi potongan 'sushi', taburkan selai kacang, stroberi potong, dan kepingan cokelat kecil.

Bunda juga dapat mengoptimalkan asupan nutrisi untuk si kecil dengan memberinya Morinaga Chil*Go! susu cair steril yang dikemas praktis serta mengandung perpaduan nutrisi serat pangan inulin, 10 vitamin, dan 5 mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Serat pangan inulin membantu memelihara fungsi saluran pencernaan sehingga dapat mendukung daya tahan si kecil selama si kecil #DiRumahAja. Morinaga Chil*Go! dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk resep disesuaikan dengan kebutuhan rasa misalnya Banana Sushi dengan menambahkan ChilGo rasa pisang, dan lain-lain.

dr Muliaman menambahkan, selain pemberian nutrisi yang baik, semasa PSSB transisi bahkan masa new normal anak-anak harus juga mengikuti prosedur kesehatan pencegahan COVID-19, seperti mulai dari keluar rumah-sampai balik rumah lagi seperti pakai masker yang benar, apa yang boleh dipegang, apa yang tidak.

"Di sekolah tidak boleh tukeran masker sama teman jarak yg harus dijaga kalau ketemu orang Kalau ke toko, ke suatu tempat, jangan asal pegang ini paling susah buat anak kecil. Harus tahu cara cuci tangan yang benar, cara pakai hand sanitizer," pungkas dr Muliaman.



Simak Video "Diklaim Pertama di Dunia, Vaksin Corona Rusia Diragukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)