Kamis, 18 Jun 2020 12:01 WIB

Viral Biaya Persalinan Rp 88 Juta, Biasanya Berapa Sih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Feet of new born Baby in Hands of parents Viral bersalin 88 juta, sebenarnya berapa sih biayanya? (Foto: Getty Images/iStockphoto/)
Jakarta -

Viral biaya persalinan Rp 88 juta di media sosial. Banyak netizen yang terheran-heran dengan harga bersalin yang dianggap sangat fantastis tersebut. Dikatakan bahwa biaya persalinan bisa cukup mahal tergantung dari fasilitas dan tindakan yang dipilih oleh calon orang tua.

Biaya yang dikeluarkan untuk bersalin tentunya bervariasi. Diceritakan Lulu (26), yang menjalani proses bersalin sekitar sebulan yang lalu, biaya bersalinnya tak semahal rumah sakit ternama di Jakarta lainnya.

Menjalani proses bersalin dengan tindakan sectio atau operasi caesar di salah satu rumah sakit di daerah Jakarta Barat, total biaya yang ia keluarkan sekitar Rp 9,7 juta, termasuk obat-obatan dan cek laboratorium.

"Kalau aku sih harga bersalinnya nggak kayak di RS ternama lainnya. Aku di kelas 1 itu 3 hari perawatan. Tapi belum sama biaya swab ya," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (18/6/2020).

Menjalani proses bersalin di masa pandemi Corona juga membuat calon ibu juga harus mengeluarkan biaya tambahan seperti APD dan biaya tes swab atau rapid test. Kisaran penambahan biaya pun bertambah sebesar Rp 1,5-2 juta.

Soal biaya persalinan mencapai Rp 88 juta yang sedang ramai dibicarakan di media sosial, Lulu menyebut keputusan itu kembali ke masing-masing keluarga. Hal yang terpenting menurutnya adalah agar ibu dan anak sehat sebelum dan setelah melahiran, bukan seperapa mahal biaya persalinan.

"Kalau pribadi aku lebih baik rumah sakit yang biasa aja tapi kualitas dokternya yang bagus. Terkadang orang yang memilih RS mahal ya karena lifestyle juga yang abis lahiran dapet rangkaian foto ala-ala jaman sekarang kali ya. Mungkin bedanya fasilitas di dalam ruang inap sama makannya ya," jelas Lulu.

Untuk Ria, wanita berusia 26 tahun yang belum lama ini melahirkan di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta mengatakan sangat wajar bila mengeluarkan biaya lebih saat bersalin jika memang memiliki dana. Ia sendiri menghabiskan total Rp 30 juta untuk persalinan sectio.

Bila dihitung secara keseluruhan, biaya dari hamil sampai melahirkan memang tidak sedikit. Sebab ada pengeluaran untuk kontrol, vitamin, dan perawatan lain yang juga harus dimasukkan dalam rincian.

"Tapi aku ambil jalan ini karena emang ada asuransi kantor, dan aku cuma ambil kelas 3 pas melahirkan karena kepentok plafon. Jadi kayaknya Rp 88 juta kalo kontrol selama 9 bulan dan lahiran, kemungkinan emang ambil VIP class atau di atasnya," ucap Ria.

Ria menyebut jika tak ada asuransi yang meng-cover biaya lahirannya, ia akan memilih rumah sakit lain dengan harga yang lebih terjangkau.

"Soalnya kalau semua dikeluarin dari kantong sendiri, lumayan juga segitu.. pasti cari yg lebih affordable. Berhubung dicover asuransi kantor, bolehlah," tutup Ria.

Selama proses kehamilan hingga bersalin bisa saja ada biaya tambahan yang dikeluarkan dan di luar prediksi. Mempersiapkan dana cadangan untuk tindakan darurat sepertinya perlu dilakukan calon orang tua untuk mengantisipasi biaya di luar dugaan yang menambah total perawatan bersalin.

liga inggris


Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)