Kamis, 18 Jun 2020 15:29 WIB

Lagi Ngetren Frozen Food, Sayuran Beku Sehat Nggak Sih?

Firdaus Anwar - detikHealth
sayuran beku Benarkah sayuran beku kurang bernutrisi? (Foto: iStock)
Jakarta -

Sayuran segar dan sayuran beku bisa dengan mudah kita temukan di pasar. Dari sisi kesehatan, beberapa orang mungkin penasaran mana yang lebih sehat untuk dikonsumsi di antara keduanya. Apakah benar sayuran beku atau frozen food kurang bernutrisi atau malah berbahaya?

Ahli gizi Rachael Link dari New York, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa secara umum sayuran beku sebetulnya memiliki nutrizi yang sama saja dengan sayuran segar. Alasannya karena sayuran beku diproses dan dikemas dalam kondisi segar, tak lama usai panen.

Satu studi yang dipublikasi di jurnal Food Research International tahun 2015 menemukan bahwa sayuran yang dicuci dan dibekukan hingga dua bulan tidak secara signifikan berubah kandungan kimianya.

"Hanya saja, memang ada studi yang menemukan beberapa sayuran dapat memiliki sedikit perbuahan nutrisi ketika dibekukan. Sebagai contoh, satu studi menyebut brokoli beku memiliki kandungan riboflavin (vitamin B) lebih banyak dibandingkan brokoli segar. Sementara kacang-kacangan beku justru berkurang vitamin ini," kata Rachael seperti dikutip dari Healthline, Kamis (18/6/2020).

Rachael menjelaskan biasanya sayuran beku tidak mengandung tambahan zat pengawet. Hanya kadang ada beberapa produk menambahkan garam atau gula sehingga mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes dan hipertensi, agar lebih berhati-hati dengan membaca label kandungan gizi.

"Jadi secara umum sayuran beku tetap bisa jadi pilihan diet yang bernutrisi dan seimbang," pungkasnya.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)