Kamis, 18 Jun 2020 19:00 WIB

Harga Dexamethasone, Obat yang Disebut Ampuh Sembuhkan Pasien Virus Corona

Puti Yasmin - detikHealth
Peneliti di Inggris menyatakan ujicoba pengobatan COVID-19 menggunakan dexamethasone menunjukkan keberhasilan dalam menyelamatkan nyawa pasien. Foto: Getty Images/Matthew Horwood/Harga Dexamethasone, Obat yang Disebut Ampuh Sembuhkan Pasien Virus Corona
Jakarta -

Vaksin corona di Indonesia hingga saat ini belum ditemukan. Namun, peneliti di Universitas Oxford, Inggris telah memiliki bukti keampuhan obat dexamethasone menyembuhkan pasien virus corona.

Pada penelitian tersebut, disebutkan dexamethasone bisa mengurangi sepertiga kematian pasien yang menggunakan ventilator, dan seperlima kematian pasien dengan bantuan oksigen.

Lantas, berapa harga dexamethasone?

1. Harga

Dikutip dari CNN Internasional, harga dexamethasone per strip adalah US$ 8 atau setara dengan Rp 112.000 (kurs Rp 14.000) di situs GoodPx atau startup telemedicine di Amerika Serikat.

Platform GoodPx juga mengklaim rata-rata harga dexathasone di tokon lain dijual mencapai US$ 46,9 per strip atau sekitar Rp 656.600 (kurs Rp 14.000).

2. Fungsi Obat

Menurut Influencer kesehatan sekaligus spesialis jantung dr Vito A Damay, SpJP(K), Mkes, FIHA, FICA, FAsCC dari Siloam Hospital Lippo Village pada dasarnya obat tersebut digunakan untuk mengatasi reaksi peradangan, seperti keluhan gatal, nyeri, kemerahan.

"Kenapa sering dipakai? Umumnya pasien ke dokter itu karena ada keluhan gatal, nyeri, kemerahan... itu adalah reaksi normal dari peradangan. Jadi entah karena infeksi, alergi, atau sebab lain reaksi itu dalam kadar tertentu akan muncul. Bayangkan, pasien tentu ingin keluhan cepat hilang. Nah dexamethason ini menurunkan reaksi tubuh kita terhadap reaksi radang," terngnya kepada detikcom, Rabu (17/6/2020).

3. Efek Samping

Obat Dexamethasone termasuk dalam golongan obat keras sehingga hanya boleh dibeli menggunakan resep dokter. Pasalnya, obat tersebut bisa menimbulkan efek samping, berupa tekanan darah naik, gula darah naik, daya tahan tubuh menurun, hingga tulang keropos bila digunakan dalam jangka panjang.

"Yang jelas mesti resep dokter, dokter pun mesti hati-hati memberikan," ungkap Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Selain itu, obat dexamethasone juga bisa menyebabkan gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, tenggorokan, lemas hingga penglihatan kabur.



Simak Video "Peneliti Ungkap Dexamethasone Manjur untuk Pasien Corona Sakit Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)