Jumat, 19 Jun 2020 06:29 WIB

Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan, Bahaya Nggak Ya?

Ayunda Septiani - detikHealth
Bright purple bra, socks, and tank tops hanging outside in a neat row on a wash line, clipped by colorful clothespins. Some copy space on the gray wall in the background. Shot in Italy. Menjemur di dalam ruangan, sehat nggak sih? (Foto: Getty Images/iStockphoto/)
Jakarta -

Sebagian orang mungkin pernah menjemur pakaian basah di dalam ruangan. Entah karena tidak ada tempat untuk menjemur, atau karena darurat karena aktivitas yang terburu-buru sehingga tidak sempat menjemur di luar ruangan.

Tentu beragam faktor bisa menjadi alasan, tetapi bahaya tidak sih menjemur pakaian di dalam ruangan untuk pernapasan?

Ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, menjelaskan bahwa menjemur pakaian dalam ruangan dapat mengakibatkan udara ruangan menjadi lembap.

"Jemur pakaian dalam ruangan memang ruangan jadi lembap, karena ada air maka ruangan jadi lembap," ujar dr Erlang saat dihubungi detikcom, Kamis (18/6/2020).

"Kalau berdampak ke pernapasan sih tidak, karena lembabnya itu tidak terus-menerus. Lain cerita kalau lembabnya terus-menerus maka yang tumbuh jamur. Bila itu terhirup jadi penyakit jamur di paru-paru," tambah dr Erlang.

Jika ingin menjemur pakaian di dalam ruangan. Professor David Denning dari National Aspergillosis Centre, Manchester, memberi saran untuk mencari tempat dengan ventilasi udara yang bagus.

"Saran saya adalah, jika kamu ragu untuk menjemur pakaian di luar ruangan, gunakan pengering baju atau jemur pakaian di tempat dengan ventilasi udara yang bagus jauh dari area keluarga dan tempat tidur. Lebih baik berhati-hati daripada nanti menyesal," kata Denning.



Simak Video "Waspada! Ini Gejala Infeksi Bakteri Listeria Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)