Jumat, 19 Jun 2020 12:38 WIB

Arab Saudi Izinkan Penggunaan Dexamethasone untuk Obati Pasien Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Peneliti di Inggris menyatakan ujicoba pengobatan COVID-19 menggunakan dexamethasone menunjukkan keberhasilan dalam menyelamatkan nyawa pasien. Dexamethasone bisa jadi obat corona murah yang bisa selamatkan pasien kritis. Foto: Getty Images/Matthew Horwood)
Jakarta -

Kerajaan Arab Saudi pada hari Rabu (17/6/2020), menyetujui penggunaan obat dexamethasone untuk mengobati pasien virus Corona COVID-19.

Dikutip dari laman Al Monitor, langkah ini diambil menyusul dari hasil studi yang menjanjikan soal penggunaan obat dexamethasone di Inggris.

Sebuah penelitian dari Universitas Oxford menemukan osteroid dosis rendah yang biasa digunakan untuk mengobati peradangan berpotensi menekan tingkat kematian sekitar 35 persen pasien COVID-19 yang menggunakan alat bantu pernapasan (ventilator). Para peneliti memperkirakan sekitar lima ribu nyawa bisa selamat jika Inggris menggunakan obat itu ketika pada tahap awal penyebaran wabah.

Hasil penelitian tersebut mendorong pemerintah Inggris menyetujui penggunaan dexamethasone dengan biaya sebesar US$ 6 atau sekitar Rp 85.000 untuk perawatan selama sepuluh hari.

Meski begitu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan obat dexamethasone. Sebab meskipun diklaim manjur, temuan itu hanya berasal dari satu penelitian.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mulai memberikan dexamethasone kepada pasien yang dirawat di ruang perawatan intensif (ICU).

Dikutip dari Research Center Johns Hopkins University, hingga saat ini Jumat (19/6/2020) Arab Saudi telah melaporkan lebih dari 145.000 kasus infeksiCOVID-19. Sebanyak 1.139 pasien di antaranya meninggal dunia.

Akan tetapi, jumlah itu lebih rendah dari kasus infeksi di Iran dan Turki. Setelah melonggarkan pembatasan pada bulan lalu, pemerintah Saudi baru-baru ini kembali memberlakukan jam malam dan langkah pembatasan lain di Jeddah, menyusul lonjakan kasus infeksi Corona.

Pemerintah Saudi juga dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini akibat kondisi tersebut.



Simak Video "Peneliti Ungkap Dexamethasone Manjur untuk Pasien Corona Sakit Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)