Jumat, 19 Jun 2020 14:16 WIB

Intip 4 Cara Hidup Sehat Hadapi Kehidupan New Normal

Abu Ubaidillah - detikHealth
Ilustrasi Olahraga Foto: shutterstock
Jakarta -

Apakah kamu merasa aktivitas yang dijalani akhir-akhir ini begitu padat? Mulai dari pagi hingga malam terus bekerja di kantor sehingga membuat kamu kadang lupa untuk memperhatikan kesehatan sendiri. Apalagi saat ini memasuki new normal di mana aktivitas mulai dijalani secara normal seperti biasa.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan sebenarnya new normal adalah kembali ke kehidupan normal seperti biasa, namun ada kebiasaan baru yang ditambahkan yakni mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Seperti pakai masker keluar rumah, sering cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dan jaga jarak, cukup istirahat, tetap bahagia dan konsumsi nutrisi yang bergizi," ujar dr Muliaman kepada detikHealth, baru-baru ini.

Bila kesehatan terganggu, tentunya akan berpengaruh pada pekerjaan dan aktivitas lainnya. Oleh karenanya, selain mengikuti protokol kesehatan, yuk ikuti tips-tips lainnya untuk menjalani hidup sehat berikut seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Bawa Bekal Sendiri

Salah satu cara terbaik dan termudah untuk menjalani hidup tetap sehat adalah dengan mengemas makan siang dan membawanya ke kantor daripada terus menerus memesan. Anda bisa menentukan sendiri menu makanan sehat yang ingin dikonsumsi, bahkan Anda bisa berkreasi membuat makanan yang nikmat daripada hanya makan itu-itu saja di kantin.

2. Jangan Lupa Duduk Santai dan Beristirahat

Fokus pada pekerjaan memang penting, namun jangan terlalu berlebihan. Sebab dalam sebuah studi disebutkan bahwa duduk selama lebih dari 8 jam sehari meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 90%. Cobalah untuk rebahan atau berdiri sejenak untuk meregangkan tubuh agar tidak kaku.

3. Jalan-jalan Sore

Kegiatan ini masih berkaitan dengan poin kedua, bedanya adalah dilakukan pada saat libur. Cobalah luangkan waktu 5-7 menit untuk jalan-jalan di sekitar rumah pada saat hari libur untuk tetap aktif bergerak dibanding terus tidur di rumah.

4. Rutin Berolahraga

Cara terbaik untuk memastikan tubuh Anda benar-benar sehat adalah dengan meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin pada pagi hari. Jadwalkan olahraga di sela-sela jadwal pekerjaan Anda dan berkomitmenlah dengan hal itu.

Selain protokol yang telah disebutkan, dr Muliaman menambahkan, dalam menghadapi new normal sebenarnya tidak perlu menambah nutrisi khusus. Namun harus mengatur jumlah dan pilihan kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh terutama yang berhubungan dengan daya tahan tubuh.

"Ada beberapa nutrisi yang memang diperlukan untuk daya tahan tubuh seperti tinggi protein dan cukup kandungan vitamin dan mineralnya," sambungnya.

Kamu juga bisa menambahkan susu Slim&Fit sebagai konsumsi harian agar tetap sehat selama masa pandemi karena Slim&Fit dapat membantu menjaga daya tahan sekaligus menjaga berat badan tetap ideal.

Slim&Fit mengandung nutrisi lengkap mulai dari tinggi protein (15 gr/saji), tinggi serat pangan (5 gr/saji), tinggi kalsium (500 gr/saji), vitamin A, B, C, dan D, hingga mineral lainnya meliputi zinc, selenium, dan zat besi yang bantu tubuh tetap terjaga kesehatannya. Yuk biasakan diri jalani hidup sehat mulai sekarang!



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)