Minggu, 21 Jun 2020 05:00 WIB

Round Up

Lepas Penat, Pasien Corona di Klaten Diajak Mancing Biar Cepat Sembuh

Firdaus Anwar - detikHealth
Kolam lele di RSD Bagas Waras, Klaten Kolam lele RSD Bagas Waras, Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikHealth)
Jakarta -

RSD Bagas Waras di Klaten, Jawa Tengah, punya cara unik agar pasien yang terinfeksi Corona COVID-19 cepat sembuh. Pasien yang secara umum kondisinya baik diajak mancing untuk melepas penat, harapannya cara ini bisa meningkatkan imun tubuh.

"Untuk meningkatkan imunitas. Seminggu dua kali pasien kita ajak senam dan terakhir sekali kita ajak memancing untuk refreshing," ungkap Direktur Utama RSD Bagas Waras, dr Limawan Budi Wibowo pada detikcom, Sabtu (20/6/2020).

Limawan mengatakan penanganan pasien COVID-19 memang ketat dalam arti mengutamakan safety. Bangsal tersendiri dan tidak diakses orang lain.

Oleh karena itu, untuk memudahkan pasien tersedia fasilitas mulai dari jaringan Wi-Fi hingga kolam budidaya ikan lele yang bisa dimanfaatkan.

dr Limawan bercerita di tempatnya bahkan ada pasien yang sudah diisolasi hingga lebih dari 68 hari. Pasien belum dibolehkan pulang karena tes swab terus menunjukkan hasil positif.

"Sudah 68 hari dan kayaknya 8 kali uji swab. Hasilnya masih positif terus," sambung Limawan.

Juru bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona atau COVID-19 Kabupaten Klaten, dr Cahyono Widodo, mengatakan pasien yang paling lama dirawat itu berinisial P (62) dari Kecamatan Wonosari.

"Pembiayaan diklaim ke pusat. Kondisinya membaik dan semoga segera sembuh dan kita laporkan ke pusat," ungkap Cahyono.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)