Selasa, 23 Jun 2020 06:47 WIB

4 Manfaat Buah Zaitun yang Gak Disangka-sangka

Abu Ubaidillah - detikHealth
buah zaitun Foto: shutterstock
Jakarta -

Minyak zaitun telah dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan oleh banyak orang. Namun, apakah Anda tahu bahwa minyak zaitun ternyata juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh?

Menurut Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, minyak zaitun merupakan minyak alami yang mengandung asam oleat, vitamin E, vitamin K, dan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh.

"Banyak sekali manfaat zaitun yang bisa diperoleh jika kita mengonsumsinya, salah satunya adalah kandungan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit kronis serta meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan risiko kanker," ujar dr Adeline baru-baru ini kepada detikHealth.

Menurut berbagai sumber, dengan mengonsumsi buah zaitun, maka seseorang bisa mendapat manfaat antara lain sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan tulang

Minyak zaitun membantu memperkuat tulang. Studi terhadap pria yang mengonsumsi makanan kaya minyak zaitun menyebutkan bahwa darah mereka ditemukan mengandung kadar osteocalcin yang tinggi yang bermanfaat untuk membentuk tulang yang sehat.

2. Sebagai antioksidan

Buah zaitun merupakan salah satu sumber makanan yang kaya. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung zaitun akan meningkatkan kadar glutathione dalam darah, yakni salah satu antioksidan paling kuat dalam tubuh untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Mencegah kanker

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, kandungan antioksidan yang terdapat pada buah zaitun juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Asam oleat dan asam lemak yang ada di dalam zaitun dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung karena mampu mengatur kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah.

"Untuk mendapatkan manfaat baik dari minyak zaitun dapat mengonsumsi buah segar secara langsung, dijadikan acar maupun dalam bentuk minyak zaitun yang sudah diproses," jelas dr Adeline.

Mengonsumsi buah zaitun sangat baik, apalagi untuk yang sudah mulai memasuki usia senja. Agar mempermudah mendapatkan manfaat dari zaitun tadi, Anda dapat mengonsumsi susu Entrasol Gold yang dilengkapi dengan ProFIT Formula yaitu tinggi protein serta kalsium dan mengandung ekstrak zaitun.

Entrasol Gold tidak hanya membantu menjaga kekuatan otot dan tulang, namun juga menjaga daya tahan tubuh khususnya dalam persiapan era new normal ini. Yuk jaga daya tahan tubuh dan cegah faktor U sekarang dengan mengonsumsi Entrasol Gold.



Simak Video "Goreng Makanan Jadi Lebih Sehat dengan Minyak Zaitun"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)